1. Adobe Photoshop

software ini adalah software terakrab untuk editing foto. Photoshop dapat menerima penggunaan beberapa model warna, yaitu RGB color model, Lab color model, CMYK color model, Grayscale, Bitmap, dan Duotone. Photoshop sudah teruji dan diakui sebagai program editing foto terbaik karena memiliki banyak fitur dan harga softwarenya cukup mahal, sekitar US$600. Pengguna Photoshop juga harus memiliki komputer yang canggih dan cepat.

  1. Adobe Lightroom

Awalnnya Lightroom adalah salah satu program pengolah RAW dan manajemen katalog foto. Lightroom versi ke 4 dapat dikatakan mampu menggantikan fungsi dari photoshop. Harga Lightroom relatif lebih murah dan tidak memerlukan kapasitas komputer yang besar. Lightroom bisa digunakan untuk mengolah foto dari mentah sampai matang, dari mulai foto pertama keluar dari kamera sampai dengan printing.

  1. Photoscape

Bagi kamu yang mencintai efek vintage, software ini cocok kamu gunakan. Selain banyak opsi efek instant yang bisa kamu aplikasikan dengan cepat dan mudah. Software ini juga dapat didownload secara gratis lho.

  1. GIMP

GIMP menyediakan fitur layer, filter, brush, color correction, crop, resize, dan fitur lainnya. GIMP bisa membaca hampir semua format file: dari standar JPG sampai PSD, kita juga bisa memanfaatkan plug in untuk menambah kompatibilitas dengan format file lain. Dibandingkan dengan photoshop, GIMP menghasilkan gambar yang bisa dibilang kurang halus. GIMP bisa diinstall di semua platform OS komputer: windows, mac atau linux.

  1. Net

Paint.Net adalah software editing foto yang juga gratis. Sayangnya software ini hanya dapat digunakan untuk Windows. Paint.Net memiliki fitur blurring, sharpening, red-eye removal, distortion, dan embossing.

  1. Corel Photoshop pro

aplikasi ini menawarkan kemampuan yang lebih baik. Tidak heran jika aplikasi ini menjadi pilihan bagi para fotografer  profesional selain Photoshop. Mungkin dalam beberapa waktu kedepan, aplikasi ini bisa jadi saingan berat bagi Adobe Photoshop CC.

  1. Firealpaca

aplikasi ini mirip sekali dengan Windows Paint. Aplikasi Windows Paint sendiri tersedia secara default di setiap versi sistem operasi Windows. Memang Firealpaca merupakan aplikasi edit foto di komputer yang memiliki fungsi yang sama dengan Windows Paints. Yang membedakan dengan Windows Pants hanyalah soal penambahan edit fotonya saja.

  1. PixBuilder

Software untuk mengolah foto ini memiliki banyak tool dan fitur layaknya software berbayar. Dengan PixBuilder, Anda bisa mengatur kecerahan foto dan anda bisa mengatur keseimbangan warnanya, bahkan memanipulasi warnanya. Software ini juga memiliki tool kurva yang sangat berguna. Jika Anda ingin membuat ilustrasi, Anda pun bisa menggunakan aplikasi yang hanya memiliki ukuran 3MB ini.

  1. Artweaver

Aplikasi ini adalah aplikasi yang menarik dan artistik untuk mengedit foto. Karena aplikasi ini ternyata tidak hanya mampu mengolah foto dan gambar, tetapi juga bisa digunakan untuk membuat sketsa. Jika Anda senang melukis, tentunya Anda akan senang dengan aplikasi ini. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan pilihan untuk membuat Foto yang Anda edit diubah layaknya sebuah lukisan lho.

  1. Chasys Draw IES

Fitur yang ditawarkan aplikasi ini antara lain: paint dan drawing tools yang mempunyai cakupan luas, dukungan layer yang kuat, banyaknya efek khusus, penyesuaian warna dan pencahayaan lho.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here