Yogyakarta, Daerah Istimewah yang seolah tak pernah membuat kita bosan untuk selalu berkunjung. banyak tempat-tempat terkenal dan daerah wisatanya. Tak hanya pantai dan keramahan masyarakat serta pusat kulinernya saja, Yogyakarta juga terkenal akan candi­candinya yang istimewa. Dengan kemewahan arsitektur kuno khas kerajaan Hindu dan Budha serta kemegahan panorama yang indah disekita Candi, maka 11 candi ini adalah tempat yang wajib kamu kunjungi!

1. Candi Ijo
Candi Ijo adalah sebuah kompleks percandian bercorak Hindu. Candi ini berada empat kilometer arah tenggara dari Candi Ratu Boko atau kita­kira 18 kilometer di sebelah timur kota Yogyakarta. Disebut Candi Ijo karena candi yang dibangun sekitar abad ke­9 itu dibangun di sebuah bukit yang dikenal Bukit Hijau atau Gumuk Ijo. Nama desa Ijo pertama kali disebutkan di dalam Prasasti Poh yang berasal dari tahun 906 Masehi. Dalam prasasti tersebut ditulis tentang seorang hadirin upacara yang berasal dari desa Wuang Hijau. Jika benar demikian maka nama Ijo setidaknya telah berumur 1110 tahun hingga tahun ini.

2. Candi Prambanan
Siapa yang gak tahu Candi Prambanan? Candi ini memang menjadi candi yang paling terkenal di Yogyakarta. Candi Prambanan terletak di lingkungan Taman Wisata Prambanan, kurang lebih 17 kilometer ke arah timur dari Yogyakarta. Tepatnya di Desa Prambanan, Kecamatan Bokoharjo. Lokasinya hanya sekitar 100 meter dari jalan raya Yogya­Solo, sehingga tidak sulit untuk menemukannya.

3. Candi Plaosan
Kompleks Plaosan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Kedua candi itu memiliki teras berbentuk segi empat yang dikelilingi oleh dinding, tempat semedi berbentuk gardu di bagian barat serta stupa di sisi lainnya. Karena kesamaan itu, maka kenampakan Candi Plaosan Lor dan Kidul hampir serupa jika dilihat dari jauh. Sehingga sampai sekarang Candi Plaosan juga sering disebut Candi Kembar. Letak candi ini berada sekitar dua kilometer di sebelah utara Candi Prambanan. Jadi setelah berkunjung ke Candi Prambanan kamu gak perlu bergegas pulang, mampir ke sini dulu ya.

4. Candi Kalasan
Candi Kalasan terletak di Desa Kalibening, Tirtamani, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya sekitar 16 kilometer ke arah timur dari kota Yogyakarta. Dalam Prasasti Kalasan dikatakan bahwa candi ini disebut juga Candi Kalibening, sesuai dengan nama desa tempat candi tersebut berada.

5. Candi Gebang
Candi Gebang terletak di daerah Condongcatur. Tepatnya di sebelah selatan desa Gebang, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman. Kurang lebih 11 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Penemuan candi Hindu ini berawal dari ditemukannya patung Ganesha oleh penduduk setempat pada bulan November 1936.

6. Candi Sambisari
Candi Sambisari terletak di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan,
Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dari pusat kota Yogyakarta, jaraknya 15 kilometer ke
arah timur laut. Candi Sambisari yang merupakan candi Hindu beraliran Syiwa ini
diperkirakan dibangun pada awal abad ke­9 oleh Rakai Garung, seorang Raja Mataram
Hindu dari Wangsa Syailendra.

7. Candi Ratu Boko
Candi Boko terletak sekitar tiga kilometer ke arah selatan dari Candi Prambanan atau sekitar 19 kilometer ke arah selatan dari kota Yogyakarta. Kawasan Candi Ratu Boko yang berlokasi di atas sebuah bukit dengan ketinggian kurang lebih 195.97 meter di atas permukaan laut. Lokasi ini meliputi dua desa yaitu Desa Sambirejo dan Desa Dawung.

8. Candi Sari
Candi Sari terletak sekitar 10 kilometer dari pusat Yogyakarta atau hanya sekitar tiga kilometer dari Candi Kalasan. Tepatnya candi ini berada di Desa Bendan, Kelurahan Tirtamartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Sesuai dengan nama desa tempatnya berada, candi ini juga disebut Candi Bendan.

9. Candi Sewu
Candi Sewu terletak di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Propinsi Jawa Tengah. Dari kota Yogyakarta jaraknya sekitar 17 kilometer ke arah Solo. Candi Sewu merupakan gugus candi yang letaknya berdekatan dengan Candi Prambanan. Jaraknya hanya kurang lebih 800 meter di sebelah selatan arca Rara Jongrang.

10. Candi Barong

Candi Barong merupakan candi peninggalan agama Hindu yang terletak di Dusun Candisari, Bokoharjo, Prambanan. Disebut Candi Barong karena terdapat hiasan kala di relung tubuh candi yang tampak seperti Barong. Keberadaan Candi Barong yang juga bernama Candi Sari Suragedug disebutkan dalam Prasasti Ratu Baka (856 M) dalam bahasa Sansekerta dan ditulis menggunakan huruf Jawa kuno. Nah, itulah beberapa candi di Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi ketika sedang berada di kota sejuta budaya ini. Jangan lupa abadikan momenmu ya!

11. Candi Banyunibo

Keindahan Candi Banyunibo Yogyakarta. Nama Banyunibo berasal dari bahasa Jawa yang berarti air yang jatuh / menetes. Candi ini merupakan sebuah Candi buddha yang terletak tidak jauh dari Candi Ratu Boko, tepatnya di sebelah timur Kota Yogyakarta menuju arah Kota Wonosari. Candi ini pertama kali dibangun sekitar abad ke-9 pada jaman Kerajaan Mataram Kuno. Di bagian atas dari candi ini ada sebuah stupa yang merupakan ciri khas dari agama Buddha. Candi Banyunibo juga terletak tidak jauh dari Candi Barong dan Candi Ijo. Di sekitar candi banyak terdapat situs candi yang berserakan yang ada di beberapa dusun sekitarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here