1. Hindari Air dan Kelembapan

Air adalah musuh utama bagi alat elektronik, termasuk kamera DSLR. Bahkan untuk kamera yang dilabeli waterproof, kontak dengan air pun perlu dibatasi agar kamera tidak cepat rusak. Lebih bahaya lagi air yang terdapat dalam bentuk uap, terutama jika kamera DSLR digunakan di tempat yang kelembapannya tinggi. Kelembapan tinggi berarti udara mengandung sangat banyak uap air yang dapat masuk ke bagian internal kamera dan menyebabkan berbagai kerusakan atau bahkan tumbuhnya jamur di dalam kamera.

  1. Jauhkan kamera dari garam

kondisi lingkungan pantai bisa jadi berbahaya untuk kamera DSLR karena mengandung garam yang tinggi. Garam bisa merusak berbagai komponen logam di dalam kamera dengan membuatnya cepat korosi. Apalagi dengan konsentrasi tinggi seperti halnya garam pada air laut. Setelah melakukan pemotretan di sekitar tempat dengan kadar garam tinggi, lap kamera DSLR Anda sebelum menyimpannya kembali sehingga garam tidak masu

  1. Hindari dari Trik matahari langsung

Sebagai salah satu benda teknologi yang memang memiliki tingkat sensitivitas yang cukup tinggi maka pilihan untuk menjadikan kamera tetap dalam keadaan baik adalah dengan memastikan bahwa memang bisa dijauhkan dari sinar matahari yang berlebih atau terlalu lama. Sebab jika dibiarkan dalam waktu yang cukup lama bisa saja menjadikan beberapa komponen dalam kamera tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

  1. Rawat tombol kamera DSLR

Kamera DSLR memiliki berbagai tombol yang dapat digunakan untuk mendukung fiturnya. Ini antara lain tombol untuk mematikan dan menyalakan kamera, tombol untuk mengatur zoom, dan tombol ISO. Untuk menjaga agar tombol pada kamera DSLR tetap berfungsi dengan baik walaupun kamera sudah cukup lama, selalu perlakukan tombol tersebut dengan halus dan jangan pernah menekannya dengan tenaga penuh. Jika tombol putar pada kamera DSLR terasa macet, sebaiknya jangan dipaksakan untuk terus diputar, dan cobalah bawa ke tempat servis terdekat agar kerusakan tidak bertambah parah.

  1. Jaga Kebersihan pada Lensa Kamera

Selalu jaga kebersihan lensa kamera Anda walaupun kamera tersebut tidak akan digunakan. Salah satu cara membersihkan lensa DSLR adalah menggunakan cleaning kit, tetapi Anda juga bisa menggunakan cairan pembersih khusus. Akan tetapi, jangan langsung menyemprotkan cairan pembersih tersebut ke lensa, tapi semprotkan cairan ke lap microfiber, lalu usapkan lap tersebut ke seluruh bagian lensa.

  1. Bawa Kamera Di Dalam Tas Khusus

Ketika Anda hendak membawa kamera untuk hunting foto, gunakan tas khusus untuk kamera DSLR. Tas ini dilengkapi dengan bantalan empuk di dalamnya yang menjaga kamera dari segala jenis benturan. Di dalam tas khusus ini juga tersedia ruang khusus untuk menyimpan lensa, charger, filter, dan perlengkapan lain yang akan mendukung aktivitas fotografi Anda. Jangan masukan kamera ke dalam tas biasa atau tas ransel, karena tas tersebut tidak dilengkapi pelindung kamera.

  1. Gunakan Tali Kamera

Saat anda sedang asyik-asyiknya memotret, tentu Anda tidak ingin tanpa sengaja menjatuhkan kamera. Oleh karenanya, selalu pasangkan tali kamera dan kalungkan ke leher Anda, sehingga jika terjadi hal yang membuat kamera terlepas dari tangan Anda. Kamera tetam aman

  1. Lengkapi LCD Kamera dengan Pelindung Layar

Sama seperti ponsel, cara merawat kamera DSLR khususnya pada bagian LCD-nya adalah dengan memasang screen guard atau pelindung layar. Pelindung ini akan menjaga layar agar tidak tergores atau terkena sidik jari. Bahkan, screen guard akan menjaga layar LCD agar terlindung dari air atau debu.

  1. Bersihkan Body Kamera Secara Berkala

Usahakan untuk membersihkan body kamera Anda dengan minyak kayu putih. Mengapa? Karena minyak kayu putih lebih cepat kering dan memiliki kandungan air yang sangat sedikit. kan tetapi, saat ini sudah banyak tersedia cairan pembersih untuk merawat body kamera. Aplikasikan cairan tersebut ke kain halus, lalu poles kain tersebut ke seluruh body kamera. Jangan lupa untuk menjangkau karet ring zoom dan ring fokus pada lensa kamera, karena bagian-bagian ini biasanya sering terlewatkan saat seseorang membersihkan body kamera DSLR.

  1. Pasang Filter untuk Melindungi Lensa

jangan lupa untuk memasang UV Filter pada lensa Anda. Tenang saja, pemasangan filter pada lensa tidak akan mengurangi kualitas bidikan foto. UV Filter akan menjaga lensa dari pengaruh buruk sinar matahari yang mengandung ultraviolet. Selain itu, fungsi dari filter adalah untuk mencegah debu dan kotoran menempel di lensa. Filter juga harus dibersihkan secara berkala ketika Anda membersihkan lensa.

  1. Pasang Lens Hood pada Lensa

Lens hood berguna untuk mencegah cahaya berlebih masuk ke sensor kamera. Perlu Anda ketahui bahwa cahaya yang masuk ke dalam sensor kamera dalam jangka panjang ternyata bisa mengurangi kepekaan sensor itu sendiri.

  1. Rawat Baterai Kamera dengan tepat

Setelah dilakukan recharge selama kurang lebih 500 kali, biasanya baterai tersebut akan semakin menurun kemampuan menyimpan dayanya. Tak mengherankan, pada kebanyakan kamera yang sudah lama, baterai akan sangat cepat habis walaupun foto yang diambil belum begitu banyak. Jika baterai sudah mulai bermasalah, Anda sebaiknya segera menggantinya dengan yang baru.

  1. Matikan sebelum Membongkar

Jika anda melepas bagian memori card atau baterai Pastikan sebelum melepas komponen-komponen tersebut, Anda mematikan terlebih dahulu kamera sehingga sistem di dalam kamera tidak cepat rusak akibat aliran listrik yang tiba-tiba berhenti.

  1. Bersihkan setelah digunakan

Rutin bersihkan kameramu secara menyeluruh setiap kali selesai menggunakannya. Terlebih lagi jika kamu membawa kameramu ke daerah pantai dengan tingkat garam tinggi yang bisa membuat bagian logam dalam kameramu berkarat!

  1. Simpan Kamera Di Dry Box

Dry box akan melindungi kamera dari perubahan suhu yang tergolong ekstrem. Sesuai dengan namanya, kotak penyimpanan ini akan menjaga kamera agar tetap kering dan terhindar dari kelembaban yang dapat merusak komponen internal kamera.box tersebut juga melindungi kamera agar tidak jamuran.

NO COMMENTS