Kabar bakal terjadinya fenomena langka berupa gerhana matahari total pada 9 maret 2016 mendatang semakin santer terdengar. Sebagai penyuka selfie maupun fotografi pastinya anda tidak mau melewatkan kesempatan untuk mengabadikan foto gerhana matahari bukan. Untuk hal yang satu ini anda tidak boleh main-main anda wajib melakukan cara aman untuk mengabadikan foto gerhana matahari.

Cara mengabadikan foto gerhana matahari tersebut bermanfaat untuk menghindarkan anda dari bahaya yang ditimbulkan akibat menyaksikan fenomena tersebut. Anda bisa mengaplikasikan cara aman berikut saat akan berselfi mengabadikan foto saat gerhana matahari:

  1. Jangan lupa menggunakan kacamata pelindung agar tetap aman dan eksis

Untuk melindungi anda dari paparan sinar infrared dan sinar ultraviolet jangan lupa untuk menggunakan kacamata pelindung gerhana matahari. Cara ini harus anda lakukan sebelum mengabadikan foto gerhana matahari sehingga anda dapat menyaksikan fenomena langka tersebut dengan aman untuk kemudian mengabadikannya.

Tidak disarankan memakai kacamata gelap biasa karena tidak mampu melindungi mata anda dari bahaya gerhana matahari. Namun sangat dianjurkan untuk memakai kacamata pelindung bersertifikat “CE-Approved”.

  1. Stop! menyaksikan secara langsung gerhana matahari

Sebelum mengaplikasikan cara aman mengabadikan foto gerhana matahari anda wajib tahu bahwa anda tidak diperkenankan menyaksikan fenomena tersebut secara langsung. Karena mungkin saat itu anda tidak akan merasakan sakit, tetapi dampaknya bisa anda rasakan beberapa hari seusai menyaksikan gerhana.

Sinar matahari dapat sangat berbahaya karena bisa membakar bagian titik pusat retina dan mengakibatkan efek after image yang menjadikan anda kesulitan saat melihat sekitar.

  1. Pakai lensa astrosolar

Untuk menangkis sinar gerhana matahari yang silau dengan intens anda dapat melindungi kamera kesayangan anda dengan lensa astrosolar. Lensa tersebut dapat memberikan perlindungan untuk kamera anda karena dapat mempertajam image gerhana matahari yang akan anda abadikan dan mengurangi sinar yang mengenai kamera.

  1. Pilih kamera berfitur optical zoom

Untuk mengabadikan foto gerhana matahari pilihlah kamera dengan fitur optical zoom. Karena anda dapat mengambil gambar yang cantik hingga 12 kali dengan fitur zoom. Fitur ini tidak akan anda temukan pada smartphone yang biasa anda gunakan.

  1. Hanya lihat gerhana melalui smartphone atau layar kamera

Jangan sampai keinginan anda mengabadikan foto gerhana matahari yang langka menjadikan anda menyesal selamanya. Untuk itu anda wajib berhati-hati ketika melihat gerhana dengan memakai kacamata pelindung meski saat mengambil foto.

Ketika anda menggunakan kacamata pelindung, anda bisa menyaksikan gerhana yang akan anda jepret melalui layar smartphone atau kamera anda. Hal ini paling tidak telah melindungi indra penglihat anda dari bahaya gerhana.

  1. ‘Selfie” boleh tapi membelakangi gerhana

Setiap orang bisa selfie dimanapun dan kapanpun. Namun saat anda ingin selfie bersama teman-teman untuk mengabadikan foto gerhana matahari maka dianjurkan untuk berpose dengan membelakangi gerhana.

Mungkin hasil foto tidak bisa jelas karena wajah menjadi gelap atau terkena backlight tetapi bisa menghasilkan efek foto silhouette dengan membelakangi sinar matahari yang sedang gerhana.

  1. Abadikan foto gerhana dengan kreatif dan unik

Anda tidak akan memperoleh hasil foto gerhana matahari secara maksimal jika anda menggunakan kamera smartphone. Untuk itu anda bisa menciptakan cara unik dan kreatif untuk mengabadikan foto gerhana matahari. Contohnya: memanfaatkan fitur portrait,  landscape atau memasang fitur timelapse, dan untuk memperjelas hasil foto bisa anda lakukan dengan mengeditnya.

Dengan mematuhi cara mengabadikan foto gerhana matahari yang aman dan menggunakan teknik fotografi yang tepat memungkinkan anda memperoleh hasil gambar yang maksimal dan sesuai keinginan.

TIDAK ADA KOMENTAR