1. Segera Matikan

Segera matikan smartphone kamu sesaat setelah terendam air, jangan menunggu lama. Karena dalam kondisi menyala dan terkena air akan semakin meningkatkan risiko error dan kerusakan bagi smartphone.

  1. Lepaskan Casing, Kartu SIM dan Memory Card

Jika smartphone kamu menggunakan case tambahan, segera lepaskan. Begitu pula dengan casing bawaan beserta Kartu SIM dan memory card yang juga wajib segera kamu lepaskan dari smartphone.

  1. Segera keringkan ponsel dengan handuk atau kain

Ini adalah salah satu langkah yang paling penting. Namun, langkah ini hanya berlaku bagi smartphone yang baterainya bisa dilepas sendiri oleh pengguna. Kebanyakan perangkat saat ini memang sudah memiliki desain unibody.

  1. Gunakan Alat Pengering

kamu bisa mengeringkannya dengan bantuan alat pengering tambahan. Semisal hair dryer atau mini vacuum, yang bisa kamu gunakan untuk mengeluarkan sisa sisa air yang masih membasahi bagian dalam smartphone.

  1. Rendam Menggunakan Beras

Tapi percaya atau gak, mungkin kamu sudah pernah mendengar bahwa merendam smartphone yang terkena air dengan menggunakan beras ternyata memang dilakukan mayoritas orang yang mengalami musibah tersebut. Ya coba saja rendam dengan beras 2-3 hari lah.

  1. Pasang Baterai, Nyalakan

Kalau sudah melewati 2-3 hari kamu mulai bisa memasang segala komponen-komponen smartphone anda. Dan kemudian coba nyalakan smartphone anda berlahan lahan dan anda bisa melihat hasilnya apakah smartphone anda baik baik saja.

  1. Masih gak Nyala? Coba lakukan pengecasan

Jika setelah kamu coba smartphone gak menyala, mungkin saja baterai kamu dalam keadaan kosong atau dropakibat terendam air. Dan kamu perlu melakukan pengecasan apakah smartphone anda tersis daya. Jika tidak mungkin batrai anda yang mati dan harus di ganti

NO COMMENTS