Bila ingin mencoba sesuatu yang berbeda dan hemat, kamu juga dapat merencanakannya. Bagaimana caranya dan apa saja yang harus disiapkan untuk liburan murah dan bahagia?

1. LAKUKAN RISET

11Lakukan riset mengenai destinasi liburan kamu dengan cermat, misalnya info bagaimana cara mencapai ke sana, opsi transportasi apa saja yang bisa digunakan, Berapa biayanya, apa saja akomodasi yang tersedia berikut biayanya serta dibandingkan dengan opsi beberapa akomodasi lainnya. Repot memang. Tapi hal ini akan “membuat” kamu dapat mengenal lebih dekat tempat yang akan dituju. Riset bisa dilakukan melalui internet, buku-buku wisata, atau brosur dari agen travel.

2. SIAPKAN RENCANA

p1

Siapkan rencana perjalanan sematang mungkin, buat planing mengenai tempat wisata, akomodasi dan transportasi serta kumpulkan segala kebutuhan yang diperlukan sedini mungkin. Jangan lupa untuk selalu mempersiapkan Plan B yaitu rencana kedua bila rencana pertama tidak memungkinkan.

3. CERMAT MEMILIH DESTINASI

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Pilihlah destinasi/tempat wisata yang benar-benar unik, bagus, dan ada ciri khasnya serta sesuai dengan kebutuhan liburanmu, sehingga menjadikan kenangan khusus buat kamu dan menjadikan liburanmu bahagia.

4. PERSIAPAN MENGGUNAKAN TRANSPORTASIUntuk mendapatkan tiket pesawat atau transportasi yang murah, rajin-rajinlah mengkases situs maskapai penerbangan yang menuju destinasi trip kamu. Biasanya jika pemesanan dilakukan dari jauh jauh hari kamu akan mendapatkan harga yang lebih murah atau bagi kamu yang menggunakan mobil atau motor dapat memastikan bahwa mobil atau motor yang kamu kendarai dalam kondisi siap dan prima.

5. BIJAK MEMILIH AKOMODASIIMG_20151213_131258Dalam memilih akomodasi gunakan home stay, tidak perluh mewah dan mahal yang terpenting nyaman, namun jangan sampai juga karena kamu sangat berhemat, liburan menjadi tidak nyaman. Untuk mendapatkan info penginapan yang representatif dan terjangkau, kamu bisa mengirim informasi tentang hal itu ke milist (mailing list) komunitas travel yang banyak bermuncuIan.

6. HINDARI MUSIM LIBURANDSC_0450Harga pada saat musim liburan atau high season biasanya akan lebih mahal daripada ketika di musim biasa atau low season. Dengan menghindari Musim Liburan, kamu akan bisa lebih berhemat. Selain itu, Kamu dapat lebih leluasa jika pergi bukan di musim liburan, karena biasanya lebih sepi, jadi kamu bisa lebih menikmati liburan kamu.

7. UTAMAKAN KEBUTUHAN DARI PADA KEINGINAN

OLYMPUS DIGITAL CAMERAUtamakan pengeluaran untuk kebutuhan dan hindari makanan, fasilitas dan barang-barang yang ingin dibeli namun tidak dibutuhkan. Pada dasarnya kita bisa liburan dengan segala sesuatunya yang cukup tanpa harus berlebihan.

TIDAK ADA KOMENTAR