jurnalpos
jurnalpos

Tabung reaksi memiliki banyak nama. Beberapa menyebutnya tabung sampel dan lainnya mengidentifikasinya sebagai tabung budaya. Terlepas dari bagaimana Anda menyebut peralatan ini, sangat penting untuk semua eksperimen dan peneliti ilmiah. Ini adalah salah satu peralatan yang paling sering digunakan di dunia di laboratorium. Tabung reaksi hadir dalam berbagai bentuk, ukuran, harga, dan bobot. Beberapa tabung reaksi bisa sebesar tubuh Anda. Tabung uji standar memiliki bagian bawah yang tertutup dan melengkung dan bagian atas terbuka. Ada rak khusus untuk menyimpan tabung reaksi. Rak ini memastikan tabung uji tidak jatuh, menyebabkan limpahan atau menyebabkan masalah apa pun di lab.

Bahan yang tepat

Selama beberapa tahun terakhir, beberapa jenis tabung reaksi telah dirancang dan dijual. Masing-masing tabung uji ini memiliki sifat yang unik. Tak dapat disangkal, tabung reaksi dirancang dengan tujuan dalam pikiran. Ketika Anda memilih tabung reaksi, Anda harus memastikan bahwa tabung itu memenuhi persyaratan Anda. Anda harus memahami materi yang digunakan untuk menyiapkan tabung reaksi. Misalnya, jika Anda menginginkan tabung uji yang dapat menangani suhu ekstrim, Anda memerlukan tabung kaca Pyrex. Dan, jika Anda tidak berencana untuk bekerja pada eksperimen yang memerlukan ketahanan termal, Anda dapat memilih jenis tabung reaksi yang lain.

Dengan ini dikatakan, ada beberapa jenis bahan yang digunakan untuk membuat tabung reaksi.

Berbagai jenis bahan yang digunakan untuk membuat Tabung Uji

# 1 Tabung Uji Kaca Borosilikat

Seperti yang disarankan oleh namanya, tabung uji ini terbuat dari kaca borosilikat. Ini adalah komposisi unik yang ditemukan di semua tabung kaca Pyrex. Tabung gelas borosilikat dapat dikategorikan menjadi dua jenis. Kelompok “A” dapat menangani suhu tinggi dan sesuai dengan ASTM Tipe 1 dan USP Tipe 1. Tipe dua terbuat dari aluminium borosilikat kaca. Tabung reaksi ini memenuhi persyaratan kelas B. Terlepas dari kelompok, semua tabung uji borosilikat tahan panas dan kimia. Inilah sebabnya mengapa tabung gelas borosilikat memainkan peran integral dalam industri farmasi dan medis.

# 2 tabung Soda Lime Test

Tabung uji lain yang biasa digunakan terbuat dari soda kapur. Tabung reaksi ini juga digunakan dalam industri klinis, medis, dan farmasi. Tabung uji soda kapur sesuai dengan ASTM Tipe 2 dan USP Tipe 2. Komposisi tabung uji ini memiliki berbagai kegunaan. Mereka dapat digunakan sebagai hematokrit, kapiler, mikropipet, volumetrik atau tabung pembatas aliran. Tabung-tabung uji soda kapur telah mengkalibrasi pemasaran dan lapisan-lapisan menarik.

# 3 Tabung Kaca Bebas Timah

Para ahli menganggap ini sebagai tabung uji yang ramah lingkungan. Itu karena tabung gelas bebas timah terbuat dari komposisi ramah lingkungan. Tabung-tabung ini sering digunakan dalam tabung termometer dan dalam aplikasi pencahayaan. Tabung uji ini memiliki enkapsulasi semikonduktor yang kuat. Namun, Anda harus ingat bahwa tabung uji ini tidak tahan panas atau kimia.

Putusan

Sebelum Anda membeli tabung gelas, pastikan Anda tahu tentang sifat dan kegunaannya. Selalu gunakan tabung uji yang tepat untuk percobaan ilmiah Anda.