jurnalpos
jurnalpos

Manajemen risiko vendor (VRM) berarti mengevaluasi mitra dan rekan sebelum suatu hubungan dibentuk dan selama pelaksanaan kontrak bisnis. Kunci untuk VRM adalah memahami program keamanan cyber yang digunakan vendor Anda untuk memahami seberapa baik mereka dapat mengamankan data Anda. VRM membantu memastikan vendor Anda menjaga kewajiban kontraktual mereka – mengurangi risiko terhadap bisnis Anda. Ada beberapa risiko yang dapat diterapkan vendor di organisasi Anda. Mereka termasuk:

Resiko Keuangan

Jika vendor Anda memiliki kinerja keuangan yang buruk, Anda ingin tahu sebelum membuat kontrak dengan mereka. Itu sebabnya banyak perusahaan memantau kredit vendor mereka. Anda harus bertanya kepada perusahaan lain yang telah melakukan bisnis dengan vendor untuk referensi. Dengan begitu, Anda dapat mengevaluasi rencana proyek mereka dan semua hal yang ingin mereka lakukan sebelum menandatangani kontrak.

Risiko Untuk Reputasi Anda

Anda perlu tahu apakah rekan bisnis potensial telah digugat ketika Anda terlibat dengan mereka karena ini dapat mempengaruhi kinerja mereka saat beroperasi di bawah sanksi Anda. Kerusakan yang dapat ditimbulkan pada reputasi Anda, jika vendor pihak ketiga tidak memenuhi standar, dapat menjadi signifikan. Kerusakan pada reputasi Anda dapat memengaruhi perusahaan Anda, terutama jika informasi pelanggan yang sensitif hilang atau dicuri karena kegagalan keamanan vendor.

Risiko Hukum

Risiko hukum berbagi data sensitif dengan vendor banyak. Jika keamanan vendor Anda disusupi, Anda dapat kehilangan informasi identifikasi pribadi pelanggan (PII) seperti catatan perawatan kesehatan dan nomor jaminan sosial. Menurut hukum, Anda bertanggung jawab – bukan vendor pihak ke-3 Anda. Jika Anda tidak menjelaskan harapan keamanan dalam kontrak vendor, Anda mungkin bertanggung jawab jika vendor Anda membahayakan data klien.

Risiko Cyber

Setelah Anda menetapkan profil kredit vendor potensial Anda, Anda mungkin akan merasa lebih nyaman tentang reputasi keuangan vendor selama proses bisnis. Ini patut dicontoh tentang bagaimana elemen tertentu dari risiko vendor tidak mengharuskan Anda melakukan pemantauan berkelanjutan. Risiko dunia maya, di sisi lain, tidak sesederhana risiko kredit.

Risiko dunia maya tidak seperti kekhawatiran lain dalam pelanggaran yang dapat terjadi pada pemberitahuan saat itu – pelanggaran yang dapat menyebabkan kerusakan besar bagi organisasi Anda. Anda tidak boleh mengandalkan penilaian snapshot intermiten dari profil keamanan vendor pihak ke-3 Anda untuk mempertahankan pandangan berkelanjutan dari risiko cyber yang mungkin mereka terapkan pada Anda. Apa yang membuat keamanan cyber unik adalah kenyataan bahwa itu dapat menimbulkan semua risiko di atas sudah dibahas!

Manajemen risiko cyber tidak dilakukan ketika vendor menandatangani kontrak. Mengelola risiko cyber terus memantau cara vendor mematuhi kebutuhan keamanan Anda. Anda perlu tahu apakah mereka mengakses data Anda dengan cara yang tidak sah dan jika data vital Anda dapat dikompromikan oleh tindakan mereka setiap saat. Kesalahpahaman atau tindakan yang salah dapat menyebabkan kerusakan besar pada organisasi Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here