Fenomena gerhana matahari merupakan salah satu peristiwa menarik yang dapat di saksikan oleh semua makhluk. Kejadian ini cukup berbahaya bagi mata jika menatapnya tanpa bantuan alat, tetapi sebenarnya sangat indah. Terdapat beberapa fakta-fakta yang unik dan menarik seputar peristiwa gerhana matahari. Anda dapat menyimaknya pada ulasan berikut ini!

FAKTA MENARIK GERHANA MATAHARI TOTAL 2016

Gerhana matahari total 2016 nanti akan berlangsung bersamaan dengan Hari Raya umat Hindu. Tentu saja ini merupakan kejadian langka yang tidak setiap hari terjadi. Pastilah orang-orang akan berlomba-lomba dalam menyaksikan fenomena alami yang satu ini. Terdapat beberapa fakta yang istimewa seputar gerhana matahari total 2016 yang nanti akan terjadi. Nah, apa saja fakta tersebut? Ini dia!

  1. Tidak terjadi pada seluruh wilayah bumi

Fenomena gerhana matahari yang nanti akan terjadi pada Maret hanya akan berlangsung di beberapa titik kota saja, tidak sepenuhnya. Hal ini tergolong menarik, karena nantinya suasana pagi akan terlihat seperti malam hari yang gelap. Faktor cuaca sangat mempengaruhi untuk dapat melihat fenomena yang berasal dari alam ini.

  1. Terjadi pada awal abad modern yakni 21

Sebelum di abad ini, gerhana matahari total terjadi pula pada beberapa tahun di era kawakan. Dan hal itu sudah sangat lama sekali terjadi, jika biasanya yang terjadi ialah gerhana cincin, maka nantinya di Maret 2016 akan terjadi gerhana total yang merupakan suatu kejadian langka yang banyak menyedot perhatian dari berbagai kalangan.

  1. Kejadian yang memakan waktu lama

Proses gerhana sebenarnya tidak begitu dapat di pastikan kapan akan tiba, namun biasanya siklusnya sekitar 300 tahun sekali. Sungguh kejadian yang luar biasa bukan?.

  1. Bukan kejadian yang bahaya

Gerhana matahari  merupakan suatu kejadian yang menarik dan langka untuk di saksikan, tidak berbahaya asalkan anda berhati-hati dan sesuai ketentuan dalam melihatnya. Menikmati kejadian yang belum tentu terulang ini merupakan suatu keistimewaan yang tersendiri bagi setiap orang.

PROSES TERJADINYA GERHANA MATAHARI TOTAL

            Untuk proses terjadinya fenomena alam ini juga merupakan sesuatu yang sangat unik untuk di bahas. Karena tidak dapat berlangsung beberapa tahun sekali. Hal ini dikarenakan orbit bulan tidak selalu sejajar dengan bumi, dan tidak berdekatan sehingga tidak bisa menutupi matahari. Sehingga potensi terjadinya gerhana memerlukan waktu yang lumayan lama. Jadi tidak heran jika beberapa orang mengabadikan moment terjadinya fenomena alam yang menakjubkan ini.

KEUNIKAN FENOMENA GERHANA MATAHARI BULAN MARET

            Seperti yang telah di prediksikan, bahwa fenomena alam yang jarang terjadi ini akan berlangsung pada 9 Maret 2016. Anda dapat mulai persiapan untuk melihat proses gerhana tersebut. Selain beberapa fakta menarik tentang gerhana di atas, ada juga informasi-informasi unik seputar prosesi alam ini, yang pertama gerhana merupakan kejadian yang indah sekaligus berbahaya bagi mata. Hal tersebut bisa terjadi karena pengaruh radiasi sinarnya yang terlalu tinggi.

Jadi, bagi anda yang belum tahu tentang cara melihat gerhana, sebaiknya mulai melakukan berbagai periapan dengan menyiapkan pelindung mata, dan mempergunakan teropong untuk melihatnya. Biasanya gerhana akan terjadi hanya sesaat, yakni sekitar 5-12 menit saja. Kedua, matahari merupakan sumber energi yang besar, sehingga ia dijuluki sebagai salah satu raksasa di alam kita.

Tidak ada yang melarang untuk menyaksikan gerhana, tetapi keselamatan mata juga harus di persiapkan.

TIDAK ADA KOMENTAR