Alam selalu hadir dengan hal-hal yang kadang tidak kita duga. Beragam fenomena gerhana atau peristiwa alam lain bisa hadir dengan sendirinya. Kadang kita juga harus waspada terhadap hal-hal yang sifatnya membahayakan diri kita ataupun orang banyak. Negara kita adalah negara dengan tingkat kerawanan bencana yang sangat besar.

Setiap tahun selalu saja ada bencana yang sifatnya merusak insfrastruktur dan juga merugikan financial. Maka dari itu, penting sekali memberikan edukasi pada masyarakat tentang membaca tanda alam sekaligus memberi tahu bagaimana cara melindungi diri saat bencana datang? Memang bencana kapan datangnya tak dapat diketahui, tapi setidaknya kalau setiap individu sudah memiliki wawasan melindungi diri bisa dipastikan bisa menjaga dirinya.

          Kadang kala fenomena seperti fenomena gerhana matahari adalah hal yang biasa. Namun kalau fenomena gerhana matahari total 2016 adalah suatu berita yang cukup membuat kita penasaran. Gerhana matahari total adalah fenomena gerhana matahari total yang terjadi hanya di bagian permukaan bumi yang terpapar pada bayangan inti (umbra) bulan.

Nah anda harus tahu kalau ukuran  bulan itu lebih kecil daripada dengan ukuran bumi. sehingga gerhana matahari total tidak dapat terjadi dalam waktu yang cukup lama. Biasanya gerhana matahari total hanya berlangsung sekitar 6 – 7 menit saja. Gerhana matahari total biasanya dimulai dan diakhiri oleh gerhana matahari yang hanya. Indonesia pada bulan Maret diperkirakan akan terpapar fenomena gerhana matahari.

Ada beberapa kota yang diprediksi bisa melihat fenomena gerhana matahari. Kota apa yang kemungkinan bisa melihat gerhana matahari, yuk kita simak ulasan berikut:

PERSEBARAN KOTA YANG DILINTASI GERHANA MATAHARI TOTAL

Nah untuk pulau Pagai Utara ini diprediksi akan disinari oleh gerhana matahari. Fenomena gerhana matahari di pulau Pagai Utara ini diperkirakan akan terjadi pada  (dikutip dari wikipedia)

Kota Mulai fase parsial Mulai totalitas Akhir totalitas Akhir fase parsial Zona waktu
Pulau Pagai-Utara, Indonesia matahari terbit 07:25 08:18:23 08:20:15 09:25:56 UTC+8h
Palembang, Indonesia 07:20:29 08:20:48 08:22:41 09:31:27 UTC+8h
Jakarta, Java, Indonesia 07:19:51 hanya parsial hanya parsial 09:43:41 UTC+8h
Palu, Sulawesi, Indonesia 07:27:51 08:37:47 08:39:52 10:00:34 UTC+8h
Pulau Ternate, Indonesia 07:36:03 08:51:40 08:54:19 10:20:50 UTC+8h

Dari sumber di atas kita bisa melakukan antisipasi bahwa fenomena alam tersebut bisa diantisipasi dengan hal hal yang masuk akal. Kalau kita sudah tahu bahwa gerhana matahari yang sifatnya total akan mengakibatkan sebuah kerusakan pada retina mata.

Maka dari itu, hindari hal-hal konyol seperti melihat matahari secara langsung. Hal tersebut karena ada sinar radiasi yang tak nampak dan bisa jadi membuat mata buta permanen. Sungguh sangat mengerikan bukan? Jadi lebih baik kita berada di dalam ruangan saja agar terhindar dari hal yang tak diinginkan.

GERHANA MATAHARI TOTAL, PERISTIWA ALAM FENOMENAL

Karena hanya berlangsung sekitar beberapa menit saja, maka hal atau kejadian seperti fenomena gerhana ini cukup menyita perhatian. Banyak sekali yang menunggu hal tersebut tiba. Akan ada pemberitaan media yang mengusung tema hal tersebut.

Selain itu kita bisa ambil pengalaman, wawasan, dan sekaligus pengetahuan ini untuk diedukasikan kepada masyarakat yang belum tahu. Anda juga bisa memberitahukan info ini ke rekan lewat media sosial agar kalau seandainya gerhana total ini terjadi, semua bisa berlangsung tanpa ada pihak yang menjadi korban fenomena alam.

          Kesimpulannya Indonesia akan dilalui gerhana matahari total yang diperkirakan pada bulan Maret tahun ini. Semoga semua baik-baik saja.

TIDAK ADA KOMENTAR