Dunia teknologi sudah mengakar di jaman modern ini. Semakin hari akar itu semakin dalam dan dalam sehingga sebagai manusia modern tidak boleh ketinggalan. Indonesia Sudah Mampu Merakit Satelit Mandiri, untuk itu, perkembangan-perkembangan yang menyangkut adanya perkembangan teknologi harus senantiasa diikuti. Salah satunya adalah perkembangan satelit di Indonesia, Indonesia sudah mampu merakit satelit mandiri.

Ketika berbicara tentang satelit, pasti yang terpikir adalah benda yang diletakkan di luar angkasa. Satelit bulan sebagai satelit alam bumi dan satelit Telkom, Palapa, Indosat Ooredo dan nama satelit-satelit lain sebagai satelit buatan. Beberapa nama satelit tersebut adalah bukti bahwa Indonesia Sudah Mampu Merakit Satelit Mandiri.

Beribu satelit dari negara lain yang terpasang di sekitar bumi kita. Karena kebermanfaatan dari satelit itu sendiri yaitu sebagai alat pemancar signal komunikasi, mengontrol keadaan cuaca, peredaran benda-benda luar angkasa dan banyak lagi yang lainnya. Untuk itu, perkembangan satelit begitu pesat di dunia.

Namun, perkembangan satelit di Indonesia masih sangat jauh dari kecepatan perkembangan dari luar negeri. Ini dikarenakan Indonesia masih belum mampu merakit satelit sendiri. Kalaupun bisa, bahannyapun masih dibeli dari Negara lain. Padahal satelit ini sangat berperan penting dalam teknologi, terutama teknologi komunikasi.

Keberadaan smartphone dengan jaringan yang canggih adalah sebuah pemacu semangat bagi Indonesia untuk sudah mampu merakit satelit mandiri. Namun, sebenarnya perkembangan satelit yang ada di Indonesia sudah sangat bagus. Berawal dari satelit Palapa C1 dan C2 milik Telkom yang diluncurkan pertama kali, kemudian disusul satelit-satelit lainnya menandakan bahwa kebermanfaatan satelit itu berkembang.

Indonesia sudah mampu merakit satelit mandiri
Indonesia sudah mampu merakit satelit mandiri

Indonesia sudah mampu merakit satelit sendiri, namun bukan satelit untuk komunikasi. Satelit LAPAN-A1 dan LAPAN-A2 adalah satelit pertama buatan Indonesia. Satelit tersebut adalah satelit yang berguna untuk mengontrol cuaca dan merekam kejadian di luar angkasa, bukan satelit telekomunikasi.

Setelah mengetahui perkembangan satelit di Indonesia, kita harus bangga tinggal di negara yang senantiasa berkembang. Walaupun perkembangannya belum sempurna, tetapi semangat untuk terus berkarya. Percaya bahwa suatu saat nanti generasi muda Indonesia sudah Mampu Merakit Satelit Mandiri satelit telekomunikasinya sendiri. Semangat itulah yang harus senantiasa diutamakan.

TIDAK ADA KOMENTAR