Gerhana mahatari total kabarnya akan terjadi di beberapa bagian di dunia termasuk Indonesia. Orang pastinya akan berbondong-bondong untuk menyaksikan fenomena langka tersebut. Namun anda wajib menggunakan alat untuk menyaksikan gerhana matahari yang tepat dan aman. Karena jika anda sembrono maka justru bencana yang akan anda peroleh. Alat untuk menyaksikan gerhana matahari paling tidak bisa mencegah retina anda dari kerusakan atau terbakar.

Jika kita melihat gerhana matahari total dengan mata telanjang bisa mengakibatkan kerusakan pada retina mata yang mengakibatkan anda kurang bisa melihat sekeliling. Buruknya hal ini tidak akan anda rasakan saat itu juga namun beberapa hari setelah itu. Agar bisa menyaksikan fenomena yang sangat jarang terjadi tersebut anda bisa menggunakan alat untuk menyaksikan gerhana matahari seperti berikut ini:

1. Kacamara hitam

Anda bisa menggunakan kacamata hitam sebagai alat untuk menyaksikan gerhana matahari. Tetapi tidak semua jenis kacamata hitam dapat dipakai untuk menyaksikan gerhana matahari secara langsung. Karena ada beberapa kacamata yang didesain khusus untuk menyaksikan pacaran gerhana matahari tersebut.

Untuk lebih aman gunakan kacamata yang dianjurkan oleh dokter atau optic untuk menyaksikan gerhana. Kacamata yang sangat dianjurkan untuk anda sebagai alat untuk menyaksikan gerhana matahari adalah yang bersertifikat “CE-Approved”. Kacamata khusus untuk menyaksikan gerhana matahari umumnya terbuat dari bahan aluminium atau sejenis kromium untuk memperlemah pancaran radiasi inframerah. Kedua bahan tersebut berfungsi sebagai filter untuk meminimalkan akibat membahayakan ketika seseorang menyaksikan gerhana matahari secara langsung.

2. Teleskop atau teropong

NASA yakni para ilmuan antariksa mengemukakan bahwa teleskop atau teropong merupakan alat yang paling aman dan tepat untuk menyaksikan gerhana matahari total. Ketika ingin menggunakan alat untuk menyaksikan gerhana matahari yang sederhana ini anda memerlukan dataran tinggi dan tidak terhalang apapun untuk menyaksikan gerhana matahari tersebut.

3. Lubang jarum

Cara aman dan sederhana yang bisa anda lakukan untuk menyaksikan fenomena gerhana matahari antara lain dengan memproyeksikan kejadian tersebut pada lubang jarum. Anda bisa menggunakan alat untuk menyaksikan gerhana matahari dengan memproyeksikan pancaran gerhana lewat mediasi kertas atau peralatan lain sehingga pantulan gerhana matahari dapat disaksikan dengan aman.

Untuk menciptakan alat untuk menyaksikan gerhana matahari tersebut anda bisa menyiapkan kardus kosong seperti tempat sepatu. Ciptakan lubang sebesar 2 cm pada kotak menggunakan gunting atau pisau lalu gunakan selembar aluminium foil atau kertas foil untuk menutup lubang tersebut. Lalu buat lubang dengan sebuah jarum lubang yang telah ditutup.

Lubang yang tersebut nantinya akan dihadapkan pada arah gerhana. Di sisi yang berlawanan tambahkan berikan tambahan selembar kertas putih untuk bagian yang terproyeksi cahaya gerhana matahari. Untuk bagian sisi proyeksi anda bisa melubangi area tersebut guna menyaksikan pantulan cahaya gerhana yang akan dipancarkan melalui lubang jarum pada wilayah kertas putih.

4. Bejana air

Jika anda sulit untuk memperoleh teropong atau teleskop maka anda bisa mencari alternatif lain dengan metode pantulan untuk menyaksikan kejadian atau pancaran gerhana matahari secara langsung. Anda bisa menggunakan alat untuk menyaksikan gerhana matahari yang sederhana dan murah dengan menyaksikan fenomena tersebut dari bejana air. Bahkan dengan cara ini anda bisa menyaksikan fenomena gerhana matahari secara langsung menggunakan mata telanjang.

Jadi, ketika mendengar kabar akan terjadinya gerhana matahari anda bisa mempersiapkan 1 atau beberapa dari 4 alat sederhana tersebut. Dengan alat untuk menyaksikan gerhana matahari tersebut anda bisa aman dan nyaman melihat fenomena langka tersebut.

TIDAK ADA KOMENTAR