Berita mencengangkan yang sedang heboh di media pemberitaan saat ini adalah terkait kebijakan WhatsApp yang terbaru. WhatsApp akan mencabut dukungan terhadap terhadap Blackberry dan Nokia. Berita terkini mengenai kebijakan pencabutan dukungan WhatsApp yang akan dilakukan di akhir 2016 ini membuat pengguna ponsel Blackberry dan Nokia khawatir. Mengingat saat ini masih banyak pemilik Blackberry yang menggunakan WhatsApp lewat ponsel yang mereka miliki tersebut. Namun, ada alasan WhatsApp dihapus dari Blackberry yang mendasar.

WhatsApp merupakan platform layanan kirim pesan singkat via internet yang saat ini memiliki 1 milyar pengguna aktif. Jumlah pengguna sekian banyak itu berdasarkan pendataan akhir Februari kemarin. Pengguna WhatsApp ini memang menunjukkan pertumbuhan yang sangat signifikan. Pengguna yang demikian banyak rupanya hampir 99,5 persen penjualan tersebut berasal dari Google, Microsoft serta Apple. Alasan WhatsApp dihapus dari Blackberry karena pengguna Blackberry dan Nokia terus mengalami penurunan tertindih platform dengan OS terbaru.

Alasan WhatsApp dihapus dari Blackberry saat ini disebabkan pula oleh hampir menyeluruh pengguna aplikasi tersebut memakai ponsel dengan berbasis Android. Jadi sudah pasti pemakai Blackberry dan Nokia lawas tidak memberikan harapan yang bagus untuk WhatsApp berkembang. Maka dari itulah WhatsApp lebih memilih menutup layanannya pada Blackberry 10, Nokia tipe S40 dan tipe S60, Android 2.1 dan Android 2.2 serta Windows Phone 7.1.

Meskipun pemutusan layanan oleh WhatsApp itu berat, namun alasan WhatsApp dihapus dari Blackberry ini karena ingin fokus pada ponsel-ponsel pintar yang menggunakan sistem operasi terbaru yang banyak digunakan oleh masyarakat dunia. Dalam perjalanan WhatsApp diawal tahun 2009 memang Blackberry dan Nokia memberikan kontribusi yang bagus diawal perkembangannya. Namun pengguna Blackberry dan beberapa perangkat lawas saat sekaran ini terus alami kemerosotan.

Jadi, bagi pengguna Blackberry dan beberapa perangkat yang lawas segera saja untuk berpindah ke perangkat Android yang saat ini banyak digunakan. Keinginan WhatsApp berfokus pada platform yang bersistem operasi teranyar bertujuan untuk meningkatkan laju pertumbuhan layanan tersebut di masa mendatang.

Itulah yang menjadi alasan WhatsApp dihapus dari Blackberry dan rekan perangkat lawas lainnya. Apalagi sejak awal tahun ini, layanan WhatsApp sudah digratiskan bagi para pengguna.

TIDAK ADA KOMENTAR