Untuk memperkuat sistem militer Indonesia, tentu diperlukan beberapa peralatan militer yang menunjang. Kekuatan militer Indonesia kian gencar melakukan produksi terhadap peralatan-peralatan militer, baik menghasilkan sendiri ataupun mendatangkan dari luar negeri. Hal tersebut untuk antisipasi jika suatu hari terjadi peperangan yang melibatkan Indonesia. Salah satu dari alat militer tersebut ialah Kecanggihan Raytheon AGM-65K2 Maverick.

Raytheon AGM-65K2 Maverick merupakan salah satu dari peluru kendali udara ke darat (rudal) yang di dukung oleh kekuatan udara. Jenis rudal berikut ini sangat canggih dan memiliki kemampuan yang bagus, yakni dapat menembus kendaraan yang terlapisi oleh baja, dan cocok digunakan untuk menembus ketahanan udara, kapal hingga media darat lainnya.

Kecanggihan Raytheon AGM-65K2 Maverick ini pun lebih dikenal sebagai rudal penembus tank. Karena kekuatan yang dimilikinya memang sangat baik untuk menembus pertahanan darat melalui udara. Bentuk dari Raytheon AGM-65K2 Maverick ialah silindris, dan ujungnya terbuat dari bahan gelas yang bertujuan untuk memandu elektro-optik atau seng sulfida guna memandu inframerah, terdapat pula sayap yang menyerupai delta dan hulu ledak yang berada di area tengah.

Kecanggihan Raytheon AGM-65K2 Maverick
Kecanggihan Raytheon AGM-65K2 Maverick

Dengan bantuan alat ini tentu Indonesia akan semakin kuat lagi pertahanan militernya. Banyak negara-negara yang telah menggunakan Kecanggihan Raytheon AGM-65K2 Maverick ini, diantaranya: Malaysia, Amerika Serikat, Israel, Kanada, Yunani, Belanda, Italia, Turki, Spanyol, Swedia, Korea Selatan dan masih banyak lagi negara lain yang menggunakan rudal canggih ini.

Pihak TNI AU sendiri mengakui bahwa memerlukan Kecanggihan Raytheon AGM-65K2 Maverick ini guna menyempurnakan kelengkapan pesawat yang sangat diperlukan oleh TNI AU. Sebelumnya, presiden Amerika Serikat, Barack Obama telah setuju untuk menjual rudal tersebut ke Indonesia.

Di perkirakan indonesia mengajukan permintaan 18 paket rudal jenis AGM-65 “Maverick All-Up-Round”, rinciannya 36 untuk digunakan latihan pilot, 3 rudal latihan perawatan lengkap dengan suku cadang, kelengkapan uji, dan untuk latihan personal.
Rudal tersebut kegunaannya memang untuk menyerang dari jarak jauh dan dengan beberapa kecanggihan yang ditawarkan tentu membuat pertahanan TNI AU Indonesia akan semakin kuat nantinya.

TIDAK ADA KOMENTAR