Gangguan yang terjadi bersamaan, yang juga disebut sebagai diagnosis ganda, adalah kondisi di mana seseorang menderita penyalahgunaan zat bersama dengan beberapa jenis gangguan kesehatan mental. Penelitian telah menunjukkan bahwa penyalahgunaan zat dan kesehatan mental sebenarnya cenderung berjalan beriringan satu sama lain. Diagnosa ganda sebenarnya cenderung masuk akal ketika melihat lebih jauh pada dua jenis gangguan.

Seseorang yang menderita depresi atau kecemasan mungkin mencoba mengobati diri sendiri dengan menggunakan obat-obatan atau alkohol. Namun, selama waktu orang ini mungkin mencoba untuk mengatasi gangguan kesehatan mental mereka, mereka mungkin memohon untuk menggunakan jumlah zat yang lebih tinggi yang kemudian akan mengarah pada penyalahgunaan zat atau ketergantungan. Ada banyak kondisi kesehatan mental yang dapat terjadi bersamaan dengan penyalahgunaan zat seperti:

Post Traumatic Stress Disorder,
Gangguan Kepribadian Borderline,
Skizofrenia,
Bipolar Disorder.
Mungkin sulit bagi seseorang yang menderita kondisi kesehatan mental bersama dengan penyalahgunaan zat untuk mendapatkan bantuan yang tepat yang mereka butuhkan. Banyak kali orang mungkin memperhatikan satu kondisi tanpa yang lain atau sebaliknya. Anda mungkin menyadari bahwa seorang anggota keluarga atau teman mungkin banyak minum, namun Anda mungkin tidak tahu bahwa minumannya disebabkan oleh gangguan mental.

Perlakukan Kedua Masalah Sekaligus

Ketika datang untuk mencari pengobatan untuk kondisi diagnosis ganda, sangat penting bahwa penyalahgunaan zat dan gangguan mental keduanya diperlakukan secara bersamaan. Jika seseorang menerima bantuan untuk penyalahgunaan zat, tetapi bukan gangguan mental, ini membuat pasien tersebut berisiko lebih besar mengalami kekambuhan setelah dia menyelesaikan perawatan.

Ketika orang-orang memeriksa pusat perawatan diagnosis ganda, mereka diberikan evaluasi medis yang membantu mengidentifikasi kondisi lain yang mungkin di luar hanya kecanduan. Pengobatan diagnosis ganda paling baik dilayani ketika layanan disesuaikan dengan kebutuhan individu pasien. Profesional medis di pusat-pusat perawatan diagnosis ganda mampu mengidentifikasi gangguan kesehatan mental yang terjadi bersamaan selama asupan dan dapat menerapkan program pengobatan diagnosis ganda yang akan berfungsi untuk membantu pasien mengatasi kedua kondisi tersebut.

Ada program pengobatan yang efektif untuk membantu mereka yang menderita gangguan yang terjadi bersamaan seperti:

kelas terapi kognitif,
kelas pendidikan kelompok,
sesi individual harian
evaluasi psikiatri.
Tujuan dari sesi ini adalah untuk tidak hanya membantu pasien mengatasi kecanduan mereka, tetapi juga untuk membantu mereka menemukan cara yang sehat untuk mengatasi gangguan mental mereka yang tidak berkisar pada obat-obatan dan alkohol.

Opsi yang Holistik

Banyak pusat pengobatan dan alkohol mulai menyarankan pilihan perawatan berbasis holistik untuk membantu mereka yang menderita penyalahgunaan zat serta gangguan kesehatan mental. Pusat perawatan seperti Ranch Creek Recovery menawarkan program perawatan yang mendukung seperti yoga, meditasi yang dibimbing, terapi taman, terapi kuda, serta akupunktur. Dipasangkan dengan bentuk pengobatan tradisional, program perawatan holistik merupakan pilihan alternatif yang sehat untuk membantu mereka yang menderita kondisi yang terjadi bersamaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang gangguan kesehatan mental atau penyalahgunaan zat, Anda harus berbicara dengan seorang profesional medis sesegera mungkin. Para profesional ini dapat memberikan informasi lebih banyak tentang program perawatan apa yang terbaik, berdasarkan kebutuhan orang yang Anda tanyakan.

Kesehatan mental dan penyalahgunaan narkoba dapat menjadi subjek yang sulit bagi orang untuk dibicarakan, tetapi dokter dan profesional medis lainnya dilatih untuk membahas topik-topik ini dengan cara yang tenang dan asuhan. Semakin cepat Anda berbicara dengan seseorang tentang penyalahgunaan zat, semakin cepat Anda atau orang yang Anda cintai dapat mulai menerima bantuan yang mereka butuhkan untuk menjalani hidup yang lebih sehat bebas dari kecanduan, dan pemahaman yang lebih baik tentang cara menangani gangguan lain yang dapat mengikuti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here