jurnalpos
jurnalpos

Potensi Bahaya Kesehatan

Ketika menggunakan sandblasters, ada sejumlah potensi bahaya kesehatan yang penting untuk dipertimbangkan. Banyak bahan abrasif yang biasa digunakan dalam sandblaster bisa beracun dan menyebabkan berbagai masalah. Pasir silika dapat menyebabkan sejumlah masalah, mulai dari masalah pernapasan dan kanker paru-paru hingga skoliosis. Garnet pasir dan terak batubara dapat menyebabkan kerusakan serupa, seperti tembaga kaleng, terak nikel, dan kaca.

Cara Tetap Aman

Sandblasting bisa menjadi pekerjaan yang berbahaya, tetapi ada sejumlah cara untuk memastikan bahwa karyawan tetap aman saat kita dan pencuri. Pertama, penting untuk mengenali bahwa setiap pekerjaan memiliki kualitas yang unik. Meskipun mengasumsikan bahwa semua pekerjaan menghadirkan bahaya yang sama dapat menghemat waktu, itu biasanya bukan demi kepentingan terbaik para pekerja. Hati-hati memeriksa peralatan Anda, lingkungan, dan bahan peledak sebelum pekerjaan masing-masing, dan menyadari potensi bahaya yang bisa terjadi. Sebaiknya tetapkan satu karyawan yang terlatih sebagai pengelola keselamatan di awal setiap pekerjaan. Manajer keselamatan di tim Anda tidak hanya perlu mengidentifikasi bahaya, tetapi juga menghilangkannya dengan efisiensi sebanyak mungkin.

Image result for Sandblaster Safety

Penting bagi karyawan Anda untuk mengetahui cara mengikuti protokol keamanan higienis pribadi saat menggunakan peralatan sandblasting. Menggunakan produk tembakau, makan, dan minum harus dilarang di area sandblasting. Anda perlu menyediakan beberapa stasiun pencucian agar karyawan dapat mencuci tangan dan wajah mereka sebelum melakukan kegiatan ini. Karyawan juga harus melepaskan atau mengosongkan pakaian yang mereka kenakan saat sandblasting sebelum makan, minum, atau menggunakan produk tembakau. Sebelum meninggalkan lokasi kerja, pekerja yang melakukan kontak dengan area sandblasting harus berganti pakaian yang berbeda. Anda akan ingin menyediakan ruang penyimpanan berisi untuk menyimpan barang-barang pribadi yang aman (jangan biarkan pakaian yang telah terkontaminasi untuk memasuki area ini).

Selain itu, karyawan harus melindungi paru-paru, telinga, dan mata mereka saat menggunakan peralatan sandblasting. Respirator yang sesuai untuk peledakan abrasif harus menutupi leher, kepala, dan bahu pasien – ini akan melindungi karyawan dari menghirup bahan abrasif. Operator sandblaster bukan satu-satunya orang yang membutuhkan perlindungan pernafasan – ini penting bagi siapa saja yang berhubungan dengan lingkungan yang terkena pasir, bahkan kru pembersihan. Sandblaster juga akan membutuhkan pelindung telinga dan mata saat mereka bekerja, bersama dengan helm, baju pelindung (atau sarung tangan dan celemek kulit panjang), dan sepatu bot keselamatan.

Sandblasting efisien dan efektif, dan dapat dilakukan dengan aman, selama karyawan tahu protokol yang tepat. Di awal setiap pekerjaan, adakan rapat tim untuk membahas manajer keselamatan kerja dan potensi bahaya yang dapat dihindari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here