Fenomena alam selalu terjadi setiap tahunnya. Entah itu akibat faktor alami maupun kebetulan yang disebabkan oleh aktivitas manusia. Akan selalu ada dampak dari aktivitas alam tersebut. Ada hal yang sangat menarik dari beragam fenomena alam tersebut.

Fenomena tersebut bisa jadi akibat alam yang memang memiliki aktivitas rutin setiap tahunnya. Aurora, gerhana, meteor jatuh, dan juga aktivitas lainnya adalah hal yang unik. Keunikan ini terjadi tak selalu muncul setiap tahunnya.

Ini adalah kejadian luar biasa yang terjadi sangat langka. Salah satu proses gerhana matahari di bumi ini adalah rentetan dari peristiwa yang ada di antariksa. Gerhana Matahari adalah suatu kejadian di mana terjadi ketika posisi bulan berada di antara Bumi dan Matahari sehingga sampai menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari.

Yuk kita simak hal-hal unik terkait gerhana matahari dan juga gerhana matahari total 2016:

 MITOS TERKAIT GERHANA MATAHARI

Banyak sekali mitos yang terkait dengan gerhana matahari total 2016. Salah satu yang paling akrab dengan masyarakat Jawa khususnya adalah sebuah mitos bahwa matahari dimakan oleh buto. Buto sendiri adalah penggambaran oleh Batara Kala yang menelan Matahari akibat dendamnya pada Bathara Surya atau Dewa Matahari. Entah darimana mitos gerhana matahari total 2016 ini berasal, namun ini sudah menjadi hal yang sudah turun menurun. Cerita yang menyeramkan ini kalau dulu masih sangat dipercaya, namun kalau saat ini sudah tak relevan akibat majunya ilmu pengetahuan yang menguak sebab musabab dari terjadinya gerhana matahari total 2016.

Bagi wanita yang hamil, mitos tentang gerhana matahari juga ada. Wanita yang hamil diharuskan berada di rumah karena dipercaya anak dalam kandungannya akan hilang. Sedangkan mitos gerhana matahari di India adalah makanan yang dimasak saat terjadinya gerhana dianggap najis. Sangat dilarang memakan makanan yang diolah saat terjadinya gerhana matahari.

Kalau mitos gerhana matahari di Jepang adalah wabah. Masyarakat Jepang percaya kalau terjadi gerhana matahari adalah penyebaran suatu wabah. Maka mereka sangat menutup sumber sumber air agar mereka terhindar dari wabah.

Pada saat zaman Yunani kuno, terjadi mitos bahwa Dewa dewa sedang marah. Masyarakat pada waktu itu juga percaya kalau gerhana terjadi akan ada bencana yang  datang. Entah apa yang akan terjadi, itulah kepercayaan masing-masing masyarakat.  Mitos jangan dianggap serius, yang terpenting kita ambil yang ada nilai positifnya.

AKIBAT MENGAMATI GERHANA MATAHARI TOTAL 2016

Nah, sudah bukan rahasia lagi kalau gerhana matahari total 2016 bisa mengakibatkan kebutaan. Mengapa  hal ini bisa terjadi? gerhana matahari total 2016 bisa mengakibatkan kebutaan bila kita melihatnya dengan mata telanjang. Ini karena ada sinar radiasi yang tak kasat mata. Ini adalah radiasi yang dipancarkan oleh fotosfer. Jadi anda jangan sesekali melihat dengan mata telanjang atau kacamata hitam biasa.

Kacamata hitam tak bisa melindungi retina mata kita secara sempurna. Retina mata yang terkena sinar radiasi dari gerhana matahari total akan rusak secara permanen. Kalau anda penasaran, ada cara yang bisa dilakukan untuk melihat gerhana matahari dengan metode tak langsung. Misalnya cara yang sederhana adalah dengan memakai air.

Kesimpulannya gerhana matahari yang terjadi adalah sebuah fenomena alam yang tentunya akan ada suatu pembelajaran yang bisa kita ambil. Nah bagi yang muslim disunahkan untuk shalat gerhana ketika terjadi sebuah fenomena alam gerhana bulan.

TIDAK ADA KOMENTAR