mengenal lebih dalam tentang fiber optik

Mengenal lebih dalam tentang fiber optik di era digital yang seperti ini, semua peralatan dirancang agar lebih maju dan menunjang apabila digunakan. Sebagai contoh ialah kabel fiber optik. Bagi anda yang tidak begitu mengenal tentang dunia telekomunikasi dan komunikasi mungkin agak sedikit aneh untuk mengenal lebih dalam tentang fiber optik ini. Namun, wawasan berikut wajib anda ketahui agar kita memiliki wawasan yang lebih luas terkait dengan fiber optik itu sendiri.

Fiber optik merupakan suatu saluran transmisi yang memiliki kemampuan untuk menggotong 1 GB data per hitungan detik. Kabel fiber optik ini mulai merajai di negara kita. Pasalnya, beberapa kabel yang memiliki bahan dasar dari tembaga sudah mulai diganti dengan fiber optik ini. Hal ini disebabkan oleh kecanggihan dari fiber optik itu sendiri.

Bahannya yang berasal dari kaca atau plastik yang cukup halus dan ukurannya yang cukup kecil, yakni 120 mikrometer menjadikannya anti karat dan jaringan yang telah di transmisikanpun cenderung stabil serta dapat mendukungnya membopong beberapa ukuran data secara langsung.

mengenal lebih dalam tentang fiber optik
mengenal lebih dalam tentang fiber optik

Kabel ini mempunyai 2 bagian yakni cladding dan core. Untuk cladding merupakan suatu pembungkus pada core atau inti yang mempunyai indeks bias yang relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan bagian core itu sendiri dan memungkinkan terjadinya pemantulan cahaya yang dipantulkan ke arah luar oleh core.

Cara kerja kabel fiber optik ini cukup unik karena menggunakan media kaca dan cahaya yang berfungsi sebagai sinyal. Sedikit ilustrasi kecil saja, apabila cahaya ini berpapasan dengan media kaca atau sebuah plastik maka cahaya akan mengalami pembiasan dan masalah kecepatannya pun akan lebih cepat jika di bandingkan dengan media tembaga. Fiber optik ini dapat mengadakan pemantulan dan pembiasan beberapa cahaya yang melakukan proses rambat didalam kabel tersebut.

Dengan menggunakan kabel fiber optik ini, maka komunikasi anda akan jauh lebih cepat dan lancar terjadi sehingga meminimkan terjadinya hambatan. Di dunia yang mulai mengenal digital dan aneka kecanggihan ini, mengenal lebih dalam tentang fiber optik memungkinkan kemudahan kinerja dari teknologi yang kian berkembang pesat sehingga andapun dapat mengambil kesempatan untuk masalah ini. Semoga dengan membaca artikel ini bisa membantu anda mengenal lebih dalam tentang fiber optik.

TIDAK ADA KOMENTAR