Gerhana matahari total 2016 akan segera tiba. Karena terjadi tepat pada 9 Maret 2016 nanti. Tentunya berbagai persiapan untuk mengamati proses gerhana matahari ini sudah di mulai dari sekarang. Namun sayangnya, tidak semua penjuru dunia yang dapat menyaksikan kejadian langka ini. Karena tidak semua wilayah akan mengalami fenomena gerhana matahari. Kali ini yang terpilih menjadi tuan rumah gerhana ialah Indonesia, tetapi di Indonesia sendiri tidak setiap provinsi di lalui oleh gerhana. Hanya sekitar 11 provinsi yang menjadi jalan dilaluinya Gerhana Matahari total 2016.
Berbagai persiapan sudah di lakukan oleh badan yang terkait. Selain itu, mengingat tidak semua negara mengalami kejadian ini, maka pastilah akan ada beberapa turis asing yang datang dari mancanegara untuk menengok gerhana matahari yang sedang berlangsung di negara kita.

WAKTU TERJADINYA GERHANA MATAHARI TOTAL 2016
Untuk waktu berlangsungnya fenomena gerhana matahari pun tiap ambang daerah berbeda. Karena memiliki terapan waktu yang juga tidak sama. Namun yang pasti, Gerhana Matahari total 2016 nanti akan terjadi pada pagi hari. Untuk wilayah Indonesia Barat, di prediksi gerhana mulai terjadi pada pukul 06.20 WIB dan terjadi tidak lama setelah matahari terbit. Untuk siklus gerhana totalnya terjadi sekitar pukul 07.20 WIB. Waktu berlangsungnya hanya sesaat, yakni sekitar 1,5 sampai 2 menit. Saat gerhana total maka seketika keadaan akan menjadi gelap gulita.
Untuk wilayah provinsi WITA gerhana akan terjadi pada pukul 07.25 WITA kemudian untuk gerhana secara totalnya terjadi selang satu jam kemudian dengan ritme waktu gerhana total sekitar 2 hingga 2,5 menit. Sedangkan untuk Indonesia bagian Timur, akan di mulai proses gerhana pada jam 08.35 WIT. Dan puncaknya terjadi pada pukul 09.50 dengan waktu 2,5 sampai 3 menit.
Seperti yang telah di paparkan sebelumnya, bahwa di Indonesia pun tidak semua titik mengalami gerhana total, jadi akan ada beberapa warga yang hanya akan melihat matahari mengalami gerhana sebagian saja untuk beberapa daerah yang bukan merupakan jalur yang di lewati oleh gerhana.

PERSIAPAN YANG DILAKUKAN MENYAMBUT GERHANA MATAHARI
Tak hanya para warga saja yang di himbau untuk mempersiapkan pengamatan pada matahari yang nanti akan gerhana. Pemerintah pun juga tengah menyiapkan beberapa aspek penting guna keperluan penelitian. Selain itu, pemerintah juga akan melakukan berbagai persiapan terkait menjadi tuan rumah gerhana nanti. Karena tentunya Indonesia akan di datangi oleh beberapa peneliti, wisatawan asing dan turis luar negeri untuk menyaksikan moment langka tersebut.
Hal ini juga akan menjadi keuntungan bagi pihak negara kita. Karena dapat sekaligus memamerkan apa yang dimiliki oleh Indonesia, yakni mulai dari tempat wisata, hiburan, budaya dan beberapa hal lainnya terkait dengan kekayaan negara.

MENYIKAPI FENOMENA GERHANA MATAHARI YANG LANGKA
Untuk menyikapi kejadian yang langka ini, sebaiknya anda tidak perlu panik. Gerhana ini sebetulnya indah, jika cara mengamati anda benar sesuai yang telah di anjurkan oleh badan peneliti. Anda tidak perlu mengalami kekhawatiran yang berlebihan. Karena jika anda bersikap bijak dan cerdas, maka radiasi sinar mataharinya tidak akan membahayakan mata anda. Asal jangan menatapnya dengan mata telanjang.
Dengan ulasan di atas, jadikanlah acuan untuk menyikapi gerhana secara bijak. Sebagai manusia yang hidup di zaman modern sudah seharusnya kita bersikap positif terhadap fenomena yang terjadi.

TIDAK ADA KOMENTAR