Jam sudah menunjukkan waktu pagi tapi masih terasa gelap dengan nuansa petang dan sedikit mengejutkan. Mungkin itu yang akan ada dalam benak kita saat gerhana matahari total menghampiri wilayah tempat tinggal kita.

Gerhana matahari total adalah salah satu dari sekian banyak fenomena alam yang sangat menarik dan sayang untuk dilewatkan. Pada tahun 2016 ini Indonesia menjadi salah satu negara yang beruntung karena beberapa dari wilayahnya akan dilintasi oleh gerhana matahari total.

Fenomena alam yang amat langka dan istimewa ini akan terjadi pada tanggal 9 Maret 2016. Nah, bagi penduduk Indonesia sangat disarankan untuk tidak melewatkan fenomena langka ini dengan melakukan eksperimen-eksperimen menarik seperti contoh yang sudah kami rangkum secara sederhana dalam artikel di bawah ini.

 MELAKUKAN EKSPERIMEN MINIMALIS ANTAR SEKOLAH

Fenomena gerhana matahari termasuk ke dalam mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) yang sangat penting di ajarkan bagi para siswa sebagai bekal pengetahuan sains mereka. Sebagai guru yang bijak, fenomena gerhana matahari total yang akan muncul di tahun 2016  ini dapat dimanfaatkan sebagai ajang untuk mengajarkan mereka mengenal fenomena langak tersebut dengan melakukan eksperimen minimalis misalnya untuk mengamati tingkat keakuratan prediksi daerah transisi.

Guru sekaligus para siswa bisa melakukan kerja sama dengan pihak sekolah lain untuk mencatat bagaimana bentuk piringan matahari dan nantinya bisa dibandingkan dengan data hasil dari pihak sekolah yang lain. Selain itu, juga terdapat fenomena mutiara Baily atau istilah kerennya Baily’s Bead yang bisa dilihat langsung pada saat momen memasuki fase totalitas.

Fenomena ini terjadi karena adanya sinar matahari yang masih memiliki celah untuk menerobos permukaan bulan yang berasal dari bukit dan juga lembah yang ada di sepanjang piringan bulan tersebut.

PENELITIAN BIDANG BIOLOGI

Penelitian sederhana yang bisa dilakukan oleh para pelajar khususnya dalam aspek biologi adalah perilaku hewan di sekitar lingkungan tempat tinggal kita. Pada fase gerhana matahari total langit akan berubah menjadi sangat gelap seperti malam hari. Hewan yang biasanya muncul di malam hari semisal kelelawar akan mengira bahwa hari sudah memasuki waktu malam dan akan keluar dari tempat tinggalnya yaitu gua tercinta dan berkelana mencari makan.

Selain itu kumpulan burung hantu akan menjadi sangat waspada dan hewan-hewan ternak masih dalam keadaan tidur atau bahkan bersiap-siap untuk tidur. Fenomena kegelapan ini pastinya akan menjadikan kebingungan ketika hanya berlangsung beberapa saat dan kemudian hari menjadi terang seperti biasanya karena para hewan akan menggunakan indera keadaan sekitar sebagai penanda waktu yang berfungsi untuk mengatur siklus biologis.

MELAKUKAN PENGAMATAN GERHANA MATAHARI TOTAL DENGAN CARA YANG AMAN

Mengamati gerhana matahari total memang sangat menarik, namun jangan sampai kita lalai dan tidak mengikuti standar pengamatan gerhana matahari total yang aman. Intesitas sinar matahari yang cukup tinggi dapat merusak mata kita bahkan bisa mengakibatkan kebutaan.

Untuk itu disarankan bagi anda yang ingin melakukan pengamatan gerhana matahari total sebaiknya menggunakan alat bantu pengamatan seperti teleskop dan juga binokuler. Kedua alat tersebut dilengkapi dengan filter matahari yang mampu mengurangi intesitas cahaya matahari yang nantinya masuk ke mata kita saat kita mengamati gerhana matahari total.

Demikian beberapa eksperimen sederhana yang bisa anda lakukan untuk menyongsong kedatangan gerhana matahari total tahun 2016 yang amat langka. Gerhana matahari total yang muncul di tahun 2016 ini bisa dijadikan sebagai bekal pengetahuan alam yang sangat bermanfaat khususnya bidang astronomi. Siapkan alat yang aman dan mari kita songsong hadirnya gerhana matahari total dengan penuh semangat. Semoga bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR