Ranpur APC (armored personnel carrier) WMZ-551 buatan Norinco (North Industries Corp) dari China yang digunakan unit Taipur (Intai Tempur)/Tontaipur (Peleton Intai Tempur) siap menjadi tunggangan Kostrad TNI AD. Keberadaan Norinco WMZ-551 tentunya sedikit banyak akan membantu TNI dalam memperkuat pertahanan militernya.

Dari segi ukuran, Norinco WMZ-551 memiliki ukuran 6×6. Jika dibandingkan dengan platform ukuran yang sama, produk buatan China ini memiliki varian yang lebih banyak dibandingkan dengan varian yang dimiliki PT. Pindad. Dari segi desain, Norinco WMZ-551 bisa dikatakan mirip dengan Anoa APC. Rancangan alat tempur ini juga sangat mirip dengan panser VAB yang dirancang oleh Renault Truck Defense.

Keunggulan Norinco WMZ-551 adalah kemampuan amphibinya yang dilengkapi dengan dua bilah propeller di bagian belakang. Dalam air, kecepatan nonrico bisa mencapai 8 km per jam sedangkan di darat, kecepatannya bisa mencapai 8 km per jam. Kemampuan seperti ini sangatlah wajar mengingat sokongan mesin buatan Jerman lengkap dengan 9 gigi maju dan 1 gigi mundur yang melekat di alat buatan norinco.

Keunggulan panser Norinco WMZ-551 dibanding dengan panser buatan pindad adalah proteksi Nubika pada seluruh bagian kabin, sistem pemadam kebakaran otomatis, night vision equipment untuk pengemudi. Fasilitas yang paling menarik dari Norinco WMZ-551 adalah run flat tyres. Dengan adanya fasilitas ini, panser akan tetap dapat berjalan sejauh 100 km dengan kecepatan maksimal 40 km per jam ketika bannya menjadi sasaran peluru.
Sebenarnya, ini bukan pertama kalinya Norinco WMZ-551 mendarat. Ditahun 1986, WMZ-551 pernah menjadi bagian dari 16 prototipe tempur negeri tirai bambu. Secara resmi, panser canggih ini muncul di pasaran sejak November 1986.

Pertahanan panser jenis ini sangat gahar. Material penyelimut bodynya sanggup menahan serangan material kecil hingga sedang. Bagian kaca depan komando juga dapat ditutup dengan lapisan baja anti peluru. Ketika kaca depan tertutup, navigasi dapat dilakukan menggunakan periskop.

Menurut penelusuran, Norinco WMZ-551 yang digunakan oleh TNI AD adalah buatan tahun 2014. Dengan demikian, WM Z-551 diperkirakan telah mulai digunakan TNI AD sejak tahun 2014 atau bahkan jauh sebelum itu.

TIDAK ADA KOMENTAR