A Chinese couple watches the solar eclipse over Zhengzhou, central China's Henan province on January 15, 2010. A solar eclipse that reduced the sun to a blazing ring surrounding a sombre disk plunged millions of people in Africa and Asia into an eerie semi-darkness, as the spectacle, visible in a roughly 300-kilometre (185-mile) band running 12,900 kilometres (8,062 miles) across the globe, set a record for the longest annular eclipse that will remain unbeaten for more than a thousand years. CHINA OUT AFP PHOTO (Photo credit should read STR/AFP/Getty Images)

                 Alam selalu memberikan kejutan kepada kita. Salah satunya adalah munculnya fenomena fenomena alam yang luar biasa. Kadang fenomena alam itu bisa bersifat sangat luar biasa karena sangat mengagumkan. Akan tetapi kadang ada fenomena alam yang hadir itu karena mencengangkan sekaligus karena sangat berbahaya untuk kehidupan manusia sendiri di bumi.

Fenomena alam yang sudah tak asing lagi adalah gerhana dan fenomena gerhana matahari total. Akhir-akhir ini merebak kabar kalau tahun 2016 ini akan muncul fenomena gerhana matahari total yang terjadi pada bulan Maret. Fenomena gerhana ini mempunyai dampak yang cukup besar khsusunya pada bagian tubuh yaitu mata. Kerusakan retina mata bisa saja terjadi jika kita melihat matahari saat terjadi gerhana. Hal ini disebabkan oleh munculnya radiasi tak tampak yang disebarkan ketika sedang gerhana.

                Lalu apa penyebabnya? Yuk kita bahas bersama sama apa saja hal seputar fenomena gerhana matahari sebagian atau total ataupun juga jenis-jenisnya. Mari kita simak beritanya dibawah ini:

PENYEBAB TERJADINYA GERHANA MATAHARI

Gerhana matahari bisa terjadi tentunya di saat siang hari. Prosesnya dimulai dengan bulan meng-cover matahari dan bisa menyebabkan keadaan yang sangat terang benderang kemudian hal tersebut berubah menjadi gelap.

Gerhana matahari bisa terjadi karena efek sinar matahari di waktu siang hari tertutupi atau terhalang oleh si bulan. Hal tersebut akibatnya, selama beberapa waktu sinar dari matahari sendiri akan tertutup dan menyebabkan bumi gelap karena matahari seolah hilang dari bumi.

Fenomena gerhana matahari terjadi yakni gerhana matahari bisa mulai saat kedudukan atau posisi matahari, bulan, dan sekaligus bumi berada satu garis yang lurus. Akibatnya si bayangan bulan bisa terkena ke bumi.

Karena bulan ukurannya lebih kecil dari matahari maka cuma sebagian tempat permukaan bumi yang bisa terkena oleh bayangan bulan. Atau hanya beberapa bagian tempat saja yang mengalami gerhana matahari.

 BERLANGSUNGNYA GERHANA MATAHARI

Fenomena gerhana matahari bisa terjadi apabila umbra dan juga penumbra bulan terjatuh ke bagian permukaan bumi. Alasannya karena si bulan ini memiliki ukuran yang cukup kecil dibandingkan dengan bumi, maka bayang-bayang bulan yang jatuh dan terkena permukaan bumi hanya menutup pada kisaran atau luasan yang sebagian saja.

Maka dari itu, gerhana matahari yang telah terjadi dapat dibedakan dengan tiga macam gerhana matahari. Fenomena gerhana matahari itu antara lain: gerhana total, gerhana parsial, dan yang terakhir gerhana cincin. Gerhana matahari total rata-rata dialami oleh sebagian bumi yang masuk ke dalam umbra bulan. Gerhana matahari total bisa hanya berlangsung kira-kira 6 menit sampai 7 menit saja. Jauh lebih sangat cepat dan juga singkat daripada dengan fenomena gerhana bulan total.

Gerhana matahari yang hanya parsial (atau sebagian) dialami oleh sebagian bumi yang masuk ke dalam penumbra bulan. Adapun fenomena gerhana matahari cincin bisa terjadi apabila bulan dan bumi berada di jarak terjauh. Gerhana ini bisa terjadi karena pada titik umbra bulan tidak bisa mencapai permukaan bumi. Jadi pada saat demikian bumi berada di penumbra si bulan.

Kesimpulannya fenomena gerhana ini adalah sebuah fenomena alam yang seharusnya bisa diambil pelajaran tentang betapa alam itu sungguh luar biasa. Jangan sampai kita tak peka terhadap tanda tanda alam. Sebaiknya yang muslim disunahkan salat gerhana saat terjadi hal demikian. Semoga kita selalu diberikan perlindungan dari fenomena alam yang mungkin bisa membahayakan.

TIDAK ADA KOMENTAR