Gerhana matahari total atau yang disingkat sebagi GMT adalah sebuah fenomena alam yang langka sehingga membuat masyarakat menantikanya untuk sekedar melihat atau mengabadikannya. Gerhana matahari ini hanya akan terjadi ketika piringan bulan menutupi seluruh piringan matahari, atau dengan kata lain bulan menghalangi cahaya matahari ke bumi. ditahun shio monyet (2016) ini gerhana matahari total diperkirakan akan terjadi lagi setelah sebelumnya gehana matahari total terjadi pada 1983, 1988 dan 19955. lalu, kapan tepatnya gerhana matahari total 2016 akan terjadi? berikut ulasannya

 PERKIRAAN WAKTU GERHANA MATAHARI TOTAL 2016

Para ilmuan sepakat bahwa gerhana matahari total di tahun 2016 akan menampakkan dirinya pada 9 maret 2016. dari hasil pengamatan, gerhana matahari total 2016 diperkirakan akan terjadi pada pagi hari sekitar pukul 07.00 hingga pukul 09.00 dengan durasi 1 sampai 3 menit. Namun kisaran tersebut bukanlah angka pasti, pasalnya kemunculan  gerhana matahari total 2016 sangat tergantung dari mana lokasi melihat gerhana matahari tersebut.

DAERAH YANG DAPAT MENYAKSIKAN GERHANA MATAHARI TOTAL 2016

Gerhana matahari total 2016 tak dapat disaksikan oleh seluruh negara, namun beruntunglah Indonesia karena sebagian wilayahnya dapat menyaksikan peristiwa langka ini secara menyeluruh.

Indonesia diprediksi sebagi satu satunya wilayah daratan yang menjadi saksi gerhana matahari total 2016. Sedangkan wilayah perairan yang dapat menyaksikan fenomena ini adalah lautan hindia dan lautan pasifik. Beberapa wilayah tanah air yang diperkirakan dapat menyaksikan gerhana matahari total 2016 antara lain Palangkaraya, Bangka, Belitung, Palembang, Sampit, Luwuk, Balikpapan, Ternate, Tidore, Poso, Palu dan Halmahera.

Sedangkan beberapa kota seperti Manado, Pontianak, Ambon, Surabaya, Bandung Denpasar, Makasar, Kupang, Jakarta dan Banjarmasin dapat juga menyaksikan gerhana matahari total 2016 meski tak secara menyeluruh.

 ILMUAN PERSIAPKAN DIRI SEBELUM GERHANA MATAHARI TOTAL 2016

Sehari sebelum gerhana matahari total 2016 terjadi, tepatnya pada tangga 8 maret 2016 3000 ilmuan akan berkumpul di Indonesia. mereka akan mengadakan seminar internasional dan membahas langkah observasi yang akan dilakukan. Seminar internasional ini rencananya akan digelar di kota Palu, sehingga diperkirakan pusat sains dunia ada di sini.

Untuk menengarai hari istimewa (hari munculnya gerhana matahari total 2016), Lapan yang berpusat di Jakarta juga akan meluncurkan 55 hari hitung mundur. Program hitung mundur ini telah dimulai pada Kamis, 14 Januari di kantor pusat Lapan Jakarta.

Meski gerhana matahari total 2016 adalah peristiwa langka dan menarik untuk disaksikan, para ilmuan menghimbau pada masyarakat untuk tidak menyaksikan gerhana matahari dengan mata telanjang. hal ini dikarenakan cahaya matahari akan semakin kuat setelah terhalang oleh bulan, sehingga dapat menimbulkan efek kebutaan.

Cara aman untuk menyaksikan gerhana matahari total adalah dengan menggunakan filter matahari yang banyak dijual di toko teleskop atau menggunakan kacamata tukang las nomor 14.

Jika anda kesulitan untuk mendapatkan peralatan diatas, alternatifnya adalah melihat gerhana matahari melalui refleksinya, yaitu dengan melihat bayangan gerhana dari pantulan seember air.

Terlepas dari bagaimana cara anda melihat gerhana matahari total, kita patut bersyukur dengan adanya peristiwa ini. Dengan adanya peristiwa ini banyak wisatawan yang berbondong bandong ke Indonesia untuk menyaksikan gerhana matahari total 2016 secara langsung. Selain itu, pada tahun 2023 gerhana matahari total diperkirakan akan muncul kembali dan Indonesia juga diprediksi sebagai wilayah yang dapat menyaksikannya secara langsung.

TIDAK ADA KOMENTAR