Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda untuk mengetahui lebih dekat tentang pesawat tempur f-16 block 60/61 yang katanya menjadi maskapai tercanggih yang ada untuk saat ini. Perlu anda ketahui alasan kami menyebut pesawat tempur terbaru menggunakan akhiran 60/61.

Hal ini karena nama pesawat tempur tersebut belum resmi diumumkan namun beberapa pesawat tempur f-16 block 60 salah satunya milik UEA akan diuprage dengan radar SABR/RACR dengan kode 61. Hal inilah yang menjadi alasan kami menyebutnya sebagai pesawat tempur f-16 block 60/61.

Jenis f-16 block 60/61 ini nantinya akan dilengkapi dengan radar SABR/RACR. Radar ini merupakan kombinasi dari dua pesawat dimana radar SABR adalah pengembangan dari milik pesawat F-16 Block 60 yaitu AGP-80 AESA sedangkan radar RACR merupakan radar turunan yang digunakan pesawat F/A-18 Super Honet yaitu AGP-79 AESA.

Dengan maskapai ini setidaknya Indonesia memiliki sebuah pertahanan yang bisa mengimbangi alat pertahanan negara yang ada disekitar kita seperti. Seperti yang kita ketahui Amerika sendiri selain F-35, negara tersebut juga memiliki F/A-18 Super Hornet dimana kurang lebih setengahnya sudah diupgrade menjadi E/A-18Growler. Sedangkan Singapura akan membeli F-35 dan juga melakukan upgrade F-16 Block 52 menjadi blok 61. Jika hal ini terjadi, Singapura memiliki sebuah maskapai yang sama seperti pesawat tempur f-16 block 60/61 yang menggunakan radar SABR/RACR.

Meski maskapai tempur terbaru yang menggunakan radar RABR/RACR ini sangat berbeda jauh dengan maskapai yang dimiliki Indonesia saat ini, namun untuk jenis senjata yang digunakan hampir mirip dengan persenjataan yang ada pada F-16 setara Block 52. Dengan begitu kita hanya perlu memperbanyak jumlahnya saja.

Meski pesawat tempur f-16 block 60/61 ini diproduksi oleh perusahaan yang ada di Amerika sehingga membuat negara kita lebih condong ke negara tersebut, namun secara kecanggihan pesawat ini sangat layak untuk mengganti F-5 yang sudah terlalu tua. Dengan pesawat canggih dan modern ini indonesia memiliki alutsista yang sebanding dengan negara tetangga, sehingga kedaulatan NKRI masih bisa dijaga dengan baik.

TIDAK ADA KOMENTAR