Pesona Garut Dieksplor Lewat Paralayang dan Gantole

Garut – Eksotisme Garut kembali akan dieksplorasi. Kali ini lewat  event Paralayang dan Gantole Open Cup Kapolda Jabar. Even ini akan diselenggarakan 19-22 April 2018. Lokasinya di Gunung Putri, Tarogong Kaler, Kabupaten Garut.

Paralayang dan Gantole Open Cup Kapolda Jabar akan diikuti oleh 250 atlet. Yaitu 200 atlet Paralayang dan 50 atlet Gantole. Selain berlomba, seluruh peserta akan dibawa menikmati eksotisme Garut dari ketinggian.

“Even ini digelar dalam rangka memeriahkan hari jadi ke-205 Kabupaten Garut. Sekaligus, memperingati hari jadi ke-72 Bhayangkara. Dan juga mendeklarasikan Gerakan Anti Hoax. Sekaligus mempromosikan pariwisata Garut,” kata Ketua Panitia AKP R Erik Bangun Prakasa, Rabu (11/4).

Untuk menyukseskan even tersebut, panitia telah menyiapkan spot take off  yang keren. Lokasi take off berada di ketinggian 1.360 meter dari permukaan laut. Dari lokasi ini para atlet akan melayang di udara. Sensasinya dijamin wow. Sebab seluruh keindahan Garut akan terpapar jelas disini.

Soal akses juga tidak menjadi kendala. Panitia telah menyiapkan jalur khusus untuk even ini. Selain itu, sudah disiapkan 50 orang porter untuk membawa peralatan para atlet menujut lokasi take off. View lokasi take off pun dijamin paten. Spotnya telah diset maksimal. Sangat Instagramable dengan background Gunung Guntur.

“Begitu juga lokasi landingnya. Ada 2 spot yang kita sudah siapkan. Lokasinya di area persawahan Rancabango. Baik lokasi take off maupun landing, sudah kita uji coba dan tidak ada kendala. Toilet juga sudah kita sediakan,” terang AKP Erik.

Keseruan tidak akan berhenti sampai disitu. Pada even ini, penyelenggara akan mengupaya pemecahan rekor versi Museum Rekor Indonesia (MURI). Targetnya adalah memecahkan rekor Paralayang Terbang Bersama Dengan Peserta Terbanyak.

Soal hadiah sudah pasti oke. Panitia telah menyiapkan hadiah fantastis. Total hadiah mencapai Rp 81.500.000 siap digelontorkan.

“Kami ingin menampilkan even yang berkualitas. Harus ada pencapaian nasional di even ini. Untuk itu kami akan memecahkan rekor MURI untuk kategori Paralayang Terbang Bersama Dengan Peserta Terbanyak. Saat ini, rekor dipecahkan di Bali dengan 110 paralayang,” kata AKP Erik.

Deputi Pemasaran I Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana mengatakan, Garut sangat oke. Materi atraksinya makin berwarna. Pitana pun makin pede, pariwisata Garut bakal makin bersinar.

“Garut semakin kinclong. Saya semakin yakin masa depan pariwisata Garut akan semakin terang,” ujar Pitana, didampingi Asisten Deputi Pemasaran I Regional II, Sumarni.

Sedangkan Kepala Bidang Pemasaran Area I, Wawan Gunawan, mengatakan warna-warni pariwisata Garut makin terekspose. Terutama dengan masifnya atraksi. Garut hadir dengan warna dan gairah baru pariwisata Jawa Barat.

“Garut semakin kaya. Budayanya sudah oke. Alamnya apalagi. Ditambah lagi dengan atraksi-atraksi yang semakin oke. Kemenpar tidak akan segan mendorong daerah-daerah yang mempunya komitmen kuat seperti Garut,” ucap Wawan, didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Garut, Budi Gan Gan.

Menurut Budi Gan Gan, kegiatan paralayang dan gantole ini diinisiasi Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna. “Tujuannya adalah untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Garut. Kegiatan ini juga sebagai launcing pembuatan destinasi baru. Mudah-mudahan kedepan Kabupaten Garut sangat lengkap pilihan destinasi wisatanya,” tutur Budi.

Menurutnya, lokasi paralayang dan gantole di Gunung Putri, yang berada dalam gugusan Gunung Guntur adalah destinasi baru tersebut. Gunung ini memiliki ketinggian 1.450 mpdpl.

“Kami mendukung upaya yg diinisiasi oleh Kapolres Garut ini. Karena, hal itu membuktikan implementasi dari penthahelix di Kabupaten Garut sudah diwujudkan,” paparnya.
Menteri Pariwisata Arief Yahya ikutan senang dengan komitmen kuat Kabupaten Garut. Menurut Menpar, langkah Garut harus dicontoh oleh daerah-daerah lain.

“Ini merupakan contoh konkrit dari komitmen kuat Kabupaten Garut untuk menjadikan pariwisata sebagai garda terdepan perekonomian daerah. Seluruh stakeholder pariwisata Garut punya semangat tinggi dalam membangun pariwisata Garut. Saya yakin ke depan pariwisata Garut makin oke lagi,” ujar Menpar Arief Yahya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here