1. Bergelombang

Entah mengapa, gambar di atas seolah terlihat terus bergerak seperti bergelombang. Semakin kita melihat seluruh area pada gambar, semakin besar gelombang yang tercipta.

  1. Panjang Garis yang Sama

Sekilas, mata kita akan menyampaikan ke otak bahwa kedua garis biru di atas memiliki panjang yang berbeda. Garis biru di sisi kiri lebih panjang daripada garis biru di sisi kanan. Padahal kenyataannya, keduanya memiliki panjang yang sama.

  1. Kotak Tegak Lurus

Dengan susunan seperti di atas, mata kita seolah akan melihat kotak-kotak pada gambar di atas memiliki susunan yang miring alias tidak rata. Namun coba kamu cermati lagi, apakah memang demikian?

  1. Efek Percahayaan – Gradien dinamis

Gerakkan kepalamu secara perlahan ke arah gambar dan cahaya yang berada di tengah, kamu akan melihat cahaya lebih cerah. Dan coba lakukan sebaliknya, jauhkan matamu dari gambar dan sinar cahaya pun akan melemah.

  1. Peta Putih

Seluruh wilayah atau area didalam garis A dan B memiliki warna kuning. Tapi tunggu dulu, warna yang sebenarnya adalah warna putih. Warna kuning tersebut tercipta karena mata kita melihat garis yang memiliki paduan warna merah dan orange.

  1. Abu-abu

Apa warna garis A dan B pada gambar di atas? Buat yang malas mikir, kedua garis tersebut memiliki warna yang sama, yaitu abu-abu. Tapi kenapa jadi terlihat seperti berbeda warna ya?

  1. Ilusi Gerak

Tidak ada satu pun objek yang bergerak dari gambar di atas. Ini juga bukan animasi GIF atau video, hanya sebuah ilusi optik yang menyebabkan gambar seperti bergerak. Tidak ada yang tahu apa penyebabnya. Alasan yang mungkin benar adalah hal itu disebabkan oleh detektor gerak visual. Ketika melihat gambar tersebut detektor visual Anda bingung karena perubahan konstan dalam gambar, sehingga otak berpikiran gambar itu bergerak.