1. Desain dan Fitur

Samsung FIT 64G USB 3.0 hadir dalam balutan desain minimalis dan fancy. Tidak ada USB lain yang hadir dengan desain minimalis yang terlihat keren seperti perangkat yang satu ini. Ukuran flashdisk ini hanya 20 mm saja dan bobotnya pun sangat ringan, yakni 2,6 gram. Pada USB ini, Samsung menggunakan material logam berkualitas tinggi untuk memperkuat daya tahan perangkat ini. Selain itu, Samsung turut memperkenalkan NAND Technology pada USB ini. Dengan kata lain, teknologi tersebut membuat Samsung FIT 64G USB 3.0 tahan air, guncangan, suhu tinggi, sinar X, dan magnet. Bahkan, Samsung memberikan garansi hingga 5 tahun untuk flashdisk istimewa ini.

  1. Kecepatan dan Performa

Spesifikasi Samsung FIT 64G USB 3.0 menyebutkan bahwa USB ini memiliki kecepatan transfer data hingga 130MB/s. Namun, spesifikasi tidak selamanya akurat. Oleh karena itu, Carisinyal menguji kecepatan flashdisk ini secara langsung. Dengan mengandalkan CPU Workstation HP Z620 yang bekerja dengan sistem operasi Windows 8.1, kami menguji USB ini dengan IOMeter. Hasilnya, FIT menghasilkan kecepatan read 46.16MB/s dan write 42.12MB/s.

Didukung dengan interface 3.0, Samsung FIT 64G ini menawarkan kecepatan transfer dan membaca data lebih cepat dibanding USB lain. Kami sempat membandingkan kecepatan USB ini dengan Samsung Bar 64G dan TransMemory U362. Hasilnya, Samsung FIT menawarkan kecepatan yang lebih unggul dari 2 USB lainnya.

  1. Kompatibilitas

Samsung FIT 64G USB 3.0 memang kompatibel dengan semua PC maupun laptop yang mendukung interface 3.0. Namun, hal itu tidak lantas membuat USB ini tidak kompatibel pada perangkat yang hanya support pada USB 2.0. Samsung FIT masih kompatibel pada semua perangkat USB 2.0. Untuk sistem operasi perangkat, USB ini kompatibel di sistem operasi Windows, MAC OS, dan Linux. Kesimpulannya, Samsung FIT 64G USB 3.0 adalah flashdisk yang unggul dalam segi fisik. USB ini benar-benar bisa diandalkan dan tidak mudah rusak meskipun terkena air, guncangan, suhu tinggi, paparan sinar X dan magnet. Meskipun kecepatannya tidak benar-benar mencapai 130MB/s, tetapi USB ini sudah cukup cepat untuk membaca dan menulis file di perangkat apa pun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here