The moon casts a reddish hue over Lake Pend Oreille during a lunar eclipse as it begins to set behind the Selkirk Mountain Range near Sandpoint, Idaho December 10, 2011. REUTERS/ Matt Mills McKnight (UNITED STATES - Tags: ENVIRONMENT SOCIETY TPX IMAGES OF THE DAY)

Fenomena Gerhana Matahari yang akan berlagsung pada maret 2016 nanti merupakan salah satu kejadian langka yang sudah banyak di nantikan oleh jutaan umat manusia. Kejadian yang jarang terjadi itu menyimpan keunikan yang sebenarnya juga akan berbahaya apabila dalam menontonnya tidak menerapkan prinsip aman.

Beberapa ilmuwan dan pakar menyarankan untuk melihat matahari menggunakan alat bantu, sehingga mata tidak berkontak langsung dengan cahaya matahari. Karena melihat dengan waktu yang lama, akan mengakibatkan kerusakan pada retina mata. Pasalnya, di dalam sinar matahari tersebut terdapat beberapa gelombang yang relatif tinggi.

Namun, mengingat kejadian ini berlangsung cukup singkat dengan siklus yang cukup lama tentulah akan sangat di sayangkan jika anda melewatkan untuk melihatnya. Anda masih dapat menayksikan gerhana matahari ini dengan beberapa cara aman.

 CARA AMAN MELIHAT GERHANA MATAHARI

                Salah satu cara aman melihat fenomena gerhana matahari ialah dengan menggunakan kacamata yang telah dipersiapkan khusus untuk melihat berlangsungnya proses alam tersebut. Atau menggunakan media teleskop. Anda juga di anjurkan untuk tidak terlalu memfokuskan penglihatan terhadap cahaya matahari.

Pada saat proses tersebut berlangsung, matahari belum sepenuhnya tertutupi oleh bulan, sehingga cahayanya yang beradiasi berpotensi besar untuk menimbulkan kerusakan pada retina mata . Untuk tips aman berikutnya ialah dengan sesekali menengok pada objek lain selain matahari yang sedang gerhana tersebut.

Nikmati tapi jangan terlalu serius. Ketika keadaan sudah mulai gelap gulita dan matahari tertutup total, anda dapat membuka penutup mata yang melindungi mata anda, namun yang perlu di perhatikan ialah kurun waktu menatapnya secara langsung, jangan terlalu lama memperhatikannya, cukup sekitar 2-3 menitan saja. Karena setelah matahari tertutup ia akan kembali lagi bercahaya, dan radiasinya akan bisa mengenai mata.

GERHANA MATAHARI, KEINDAHAN YANG BERBAHAYA

                Pasti anda bertanya-tanya, kenapa fenomena gerhana matahari dikatakan sebagai sebuah peristiwa yang indah namun berbahaya? Tentu saja, karena gerhana matahari merupakan suatu peristiwa yang unik, langka dan jarang terjadi. Pemandangan akan sangat berbeda dengan terjadinya proses ini. Namun juga bisa menjadi bumerang bagi yang menikmati keindahannya secara sembarangan.

Seperti yang anda ketahui selama ini bahwa matahari merupakan sumber cahaya yang terbesar di jagad raya. Sedangkan mata memiliki retina yang berfungsi untuk menangkap cahaya. Maka, cahaya matahari yang Maha dahsyat ini akan tertangkap oleh retina apabila anda menatap gerhana matahari secara langsung, kekuatan dari cahaya matahari ini akan melukai retina jika anda menatapnya terlalu lama, retina tidak akan sanggup menampung cahaya tersebut.

Hingga memungkinkan untuk retina terbakar dan hangus, maka dari itu dapat menyebabkan seseorang mengalami kebutaan.

 CARA AMAN YANG LAIN MENIKMATI GERHANA MATAHARI TOTAL 2016

Anda dapat menikmati gerhana matahari total 2016 nanti menggunaan media karton. Caranya cukup mudah, buatlah lubang kecil-kecil pada kertas karton tersebut, lalu jerengkan ke arah matahari, maka akan muncul bayangan pada kertas karton. Meskipun bayangannya samar, tetapi akan menggambarkan detik-detik berlangsungnya gerhana. Sebaiknya anda menggunakan cara aman yang bijak untuk melihat prosesi matahari yang sedang gerhana. Hal ini penting, terutama bagi mata,

                Gerhana matahari total 2016 nanti dapat anda saksikan berbekal pengetahuan baru yang anda dapat. Yakni dengan menerapkan cara aman yang telah di bahas di atas. Dengan menyaksikan situasi alam tersebut anda juga akan menyadari betapa besarnya Kuasa Tuhan.

TIDAK ADA KOMENTAR