Cuaca sudah sulit untuk diprediksi, keadaan alam semakin penuh oleh limba dan sampah, kondisi bumi-pun semakin memprihatinkan. semua itu terjadi akibat ulah manusia sendiri. Oleh sebab itu, setiap orang seharusnya memiliki tanggung jawab untuk menjaga alam dalam kehidupan sehari-hari, termasuk saat berlibur. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membiasakan diri.

MENYIMPAN & MENGUMPULKAN SAMPAH

Saat berwisata, kita sering menghasilkan sampah dari botol minuman atau makanan ringan yang kita konsumsi. Simpanlah sampah bila di sekitar anda tak ada ternpat sampah dan buanglah setelah anda menemukan ternpat yang tersedia, seperti di hotel, SPBU, atau tempat lainnya.  Begitu juga ketika kita melihat sampah yang lain berserakan, coba membiasakan untuk memungutinya meskipun itu bukan sampah kita.

TIDAK MERUSAK ALAM DAN MEMBUNUH BINATANG

Bunga yang mekar indah terkadang menggoda hati untuk memetiknya. Tetapi, urungkan niat untuk memetik bunga tersebut. Bila anda benar-benar terpesona akan keindahannya, abadikan bunga tersebut dengan kamera. Dengan demikian, alam tetap terjaga dan keindahannya bisa dinikmati oleh lebih banyak orang. Di pantai juga biasanya dijumpai kerang-kerang yang unik. Jangan membawanya karena kerang tersebut mungkin masih hidup.

GUNAKAN BBM SECARA BIJAK

Saat liburan, usahakan untuk tidak terlalu sering menggunakan kendaaran roda empat, apalagi yang tergolong boros BBM terlebih bila kita berpergian sendiri atau hanya dua orang. Untuk berkeliling di sekitar hotel atau  mengunjungi tempat yang dekat dari lokasi menginap, anda bisa menggunakan menyewa sepeda atau bahkan berjalan kaki. Selain sehat juga  hemat.

UTAMAKAN PENGINAPAN/HOTEL YANG RAMAH LINGKUNGAN

Saat ini banyak hotel maupun penginapan yang sudah menerapkan prinsip ramah lingkungan dalam operasionalnya, namun tanpa mengesampingkan kenyamanan para tamunya. Pilihlah hotel yang menjaga alam dan ramah lingkungan

MATIKAN ALAT ELEKTRONIK

Sebelum keluar dari kamar hotel atau penginapan, pastikan anda telah mematikan alat elektronik yang ada, seperti AC, TV atau lampu.Cara ini dapat menghemat energi sekaligus membantu pihak hotel untuk berhemat sehingga akan menghemat sumberdaya bagi anak cucu kita.

SELEKTIF MEMBELI SUVENIR

Di sejumlah destinasi wisata masih dijumpai suvenir dari hewan atau tumbuhan langka, misalnya souvenir dari hewan yang diawetkan atau bunga Edelweiss. Hindari untuk membeli produk Suvenir tersebut. Dengan menjadi eco-friendly traveler, anda berarti telah berkontribusi untuk menjaga keseimbangan alam ini dan menjadikan alam tetap lestari

TIDAK ADA KOMENTAR