1. Penggunaan laptop secara berlebihan. Laptop tidak didesign untuk kebutuhan yang berat dalam jangka waktu yang lama seperti untuk kebutuhan grafisediting, ataupun bermain game, sehingga apabila kita menggunakan laptop untuk kebutuhan – kebutuhan yang membutuhkan resourcebesar seperti tadi, maka akan menyebabkan konsumsi daya menjadi tinggi, dan akan cepat meyebabkan baterai menjadi panas, efek panjangnya juga akan mempengaruhi dalam hal kapasistas penyimpanan daya baterai itu sendiri.
  2. Jangan biasakan daya baterai hingga 0%. Menggunakan laptop hingga baterai kosong dapat meningkatkan wear levelpada baterai, dan juga dapat memperpendek umur dari laptop itu sendiri karena komponen – komponen yang tadi bekerja saat laptop digunakan, tiba –tiba mati karena kehabisan daya dari baterai. Biasakan Charger bartai 4 sampai 8 jam hingga indikator lampu batrai menunjukan warna hijau.
  3. Cabut charger ketika daya sudah 100%. Membiarkan laptop terus di charger dalam kondisi baterai 100% juga tidak baik dampaknya terhadap baterai, karena dapat mengurangi umur baterai.
  4. Gunakan baterai laptop jika disekitar anda tidak ada colokan listrik, namun jika ada colokan listrik, maka lepas baterai dan gunakan colokan listrik yang ada sebagai sumber catu daya laptop. Hal ini untuk menghindari suhu panas pada laptop, karena dapat mempersingkat umur baterai.

Oke, kita sudah tahu hal – hal yang dapat menyebabkan berkurangnya kapasitas penyimpanan daya baterai. bagaimana cara menjaga baterai laptop agar awet dan tahan lama, langsung saja.

Tips Agar Baterai Laptop Tahan Lama

  1. Jangan meletakkan laptop diatas tempat yang sirkulasi udaranya buruk, misal diatas kasur, ataupun bantal. Hal tersebut dapat menyebabkan baterai laptop menjadi overheat.
  2. Kecerahan layar laptop memakan cukup banyak power baterai. Menurunkan brightness layar laptop walaupun satu atau dua level bisa membuat baterai laptop Anda lebih awet.
  3. Charger laptop dalam keadaan mati, hingga baterai penuh.
  4. Gunakan stabilizer untuk menjaga agar tegangan listrik yang masuk ke baterai stabil, hal ini dapat membantu menghindarkan dari tengangan listrik yang naik turun, yang dapat berpengaruh terhadap kinerja baterai.
  5. Jangan membirkan daya baterai hingga 0%, jika baterai sudah limit segera charge.
  6. Lakukan fully dischargedsecara teratur, dan juga jangan terlalu sering, semisal sebulan sekali.
  7. Check terus tingkat wear level baterai kita, ane gunain software HW Monitor buat mengecek tingkat wear level yang ada dilaptop.

Kutub baterai seringkali kotor karena berbagai debu dan kotoran. Hal ini bisa mengurangi efektifitas dan efisiensi baterai. Bersihkan bagian logam kutub baterai dengan menggunakan kapas yang dibasahi dengan sedikit alkohol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here