1. Letak Router yang Buruk

Penyebab umum lambatnya koneksi internet pada smartphone adalah jarak yang jauh dari letak router. Pancaran sinyal dari router semakin melemah jika kamu semakin jauh dari router. Masih ditambah juga kalau posisi router itu tidak strategis sehingga sinyalnya terhalang tembok atau pintu. Kalau lokasimu jauh dari router, bisa jadi koneksimu lambat karena itu. Dan cara mudah mengeceknya adalah perhatikan

indikator sinyal di smartphonemu. Jika semakin dekat ke router, sinyalmu makin penuh, maka penyebabnya adalah letak router yang baru. Jika tidak, berarti ada penyebab lain lambatnya koneksi internetmu. Maka, pasang router di posisi yang tepat, yang sinyalnya bisa menjangkau banyak tempat dan tidak banyak penghalang.

  1. Banyak Barang Menganggu Sinyal Wi-Fi

Sinyal Wi-Fi pada frekuensi 2.4GHz bisa terganggu oleh barang-barang elektronik seperti microwave, bel rumah atau telepon tanpa kabel. Karena gangguan itu, koneksi internet menjadi lambat. Posisi router sebaiknya tidak di dekat barang-barang tadi sehingga sinyalnya tidak terganggu. Kebanyakan router sekarang dapat digunakan pada frekuensi 2.4 GHz dan 5 GHz. Kamu bisa menggunakan frekuensi 5 GHz untuk mengurangi gangguan dari berbagai barang, tapi kamu harus pastikan bahwa smartphonemu juga bisa digunakan di frekuensi 5 GHz. Jika tidak, kamu tidak akan bisa terhubung ke wifi.

  1. Kecepatan Smartphonemu Bermasalah

Kecepatan pada smartphone anda Bisa juga jadi penyebab koneksi lambat. Sinyal yang kuat, paket data mantap dan jaringan yang longgar tidak akan berguna jika smartphonemu tidak bisa bekerja dengan maksimal. Karena itu, kamu juga perlu melihat kinerja smartphonemu.

Beberapa hal bisa menjadi penyebab lambatnya kinerja smartphonemu:

  • Model dan spesifikasi yang sudah ketinggalan zaman
  • Terlalu banyak aplikasi yang diinstall
  • Banyak aplikasi yang disinkronkan satu sama lain
  • Banyak aplikasi yang tidak update
  1. Kamu Menggunakan VPN yang Lambat

Bagi kamu yang menggunaan VPN akan membuatmu aman dari orang lain yang ingin melihat datamu. Selain itu, VPN juga bisa membantu untuk meningkatkan kecepatan koneksi. Hanya saja kamu harus berhati-hati memilih VPN. Jika kamu salah memilih VPN yang lambat, kecepatan koneksimu justru akan berkurang. Kalau mau yang berkualitas, ya belilah paket premium untuk VPN.