Tidak mau akun Instagram Anda diterobos oleh tangan-tangan jahil yang tak bertanggung jawab? Kalau begitu, gantilah password Anda secara berkala! Selain menggantinya secara berkala, Anda juga harus memastikan untuk menggantinya dengan benar dan jangan sampai hacker tahu pola pergantian password Anda, ya. Inilah beberapa tips memilih password yang benar dan aman:

  1. Hindari Password yang Berhubungan dengan Anda

Apa maksudnya? Maksud dari mengganti password yang berhubungan dengan Anda adalah, jangan gunakan password tanggal lahir, tanggal jadian, atau tanggal penting lainnya. Pasalnya, hal-hal seperti tanggal lahir untuk password itu sangat mudah ditebak. Alhasil, akun Instagram Anda malah kena hack.

  1. Gunakan Kata-kata Aneh

Nah, untuk tips satu ini cukup ampuh lho. Jika Anda menggunakan kata-kata aneh justru hacker akan sulit menerka-nerka password akun IG Anda. Hindari nama asli Anda, nama keluarga, atau nama pacar untuk membuat password, ya! Anda bisa gunakan nama-nama aneh, misalnya “croaacckqoach” atau mungkin bisa menggantinya dengan “kodokgajahsemut.” Dengan nama yang aneh ini, hacker akan kesulitan menebak password akun IG Anda.

  1. Gunakan Kombinasi Angka dan Huruf

Ini juga sangat penting! Anda bukan hanya sekedar menuliskan password unik, namun juga kombinasikanlah dengan angka. TAPI, pastikan bukan angka yang berhubungan dengan tanggal penting, ya. Misalnya Anda bisa buat password “croccoakch9234.” Password seperti itu akan sulit ditebak oleh para hacker lho.

  1. Gunakan Huruf Besar dan Kecil

Nah, salah satu cara mempersulit hacker menebak kata sandi IG Anda adalah dengan menggunakan kombinasi huruf besar dan huruf kecil pada password. Selain ada kombinasi angka, Anda juga bisa memodifikasi password menggunakan huruf besar dan kecil agar sulit ditebak oleh hacker.

  1. Buatlah Password yang Panjang

Terakhir, Anda bisa memilih password yang panjang namun mudah diingat oleh Anda. Jangan menggunakan password panjang, taunya Anda tidak ingat. Nah, Anda bisa mengkombinasikan angka, huruf, dan juga simbol untuk membuat password yang panjang. Ingat, buatlah password yang sulit ditebak namun mudah diingat oleh Anda saja.