1. Bersihkan Lensa Kamera Android

Anda terkadang tidak sadar bahwa tangan anda yang berkeringat menyentuh lensa kamera utama smartphone Anda. Nah, tahukah Anda bahwa minyak atau keringat di tangan dapat meninggalkan noda tipis di lensa Anda? Nah saya menyarankan untuk membersihkan lensa kamera ponsel anda terlebih dahulu sebelum. Bersihkan lensa dengan tisu atau pakaian Anda. Pasalnya, jika tidak dibersihkan maka hasil foto akan tampak kabur karena tertutup minyak atau debu

  1. Manfaatkan Fitur Touch-to-Capture dan Volume Shutter

Anda mungkin merasa sedikit kerepotan ketika harus menekan tombol khusus. Oleh karena itu, manfaatkan fitur touch-to-capture karena dengan fitur ini Anda bisa mengambil foto selfie ketika menyentuh semua bagian layar smartphone. Smartphone yang dibekali dengan kemampuan mengubah tombol volume menjadi shutter. Jadi, ketika ingin memotret selfie Anda hanya perlu menekan tombol volume di ponsel Anda. Fitur-fitur ini tentunya akan memberi kemudahan bagi Anda untuk selfie.

  1. Jangan Lewatkan Memotret dengan Quick Launch

Quick Launch untuk membuka kamera adalah double-tap di tombol home. Sementara di, Asus Zenfone Selfie Anda bisa langsung menggambar huruf ‘S’ meskipun layar ponsel dalam keadaan mati. Manfaatkan Quick Launch di ponsel Anda untuk membuka kamera dengan lebih cepat.

  1. Bidik Melalui Lanskap

Beberapa objek mungkin tampak menarik dalam bidikan potret. Akan tetapi, sesekali Anda bisa membidik foto objek tersebut dalam lanskap, jarak jauh. Yuk, coba memotret secara lanskap dengan menggunakan kamera ponsel cerdas!

  1. Hindari Penggunaan Lampu Kilat

Jangan gunakan Lampu kiat sebab DSLR saja lampu kilat hanya digunakan dalam keadaan terdesak saja. Pasalnya, setiap foto pasti akan nampak lebih baik dengan cahaya yang lebih alami. Mungkin keberadaan flash bisa menjadi penolong ketika kita hendak memotret objek dalam kondisi gelap. Akan tetapi, ketahuilah karena letak lensa dan flash sangat berdekatan, maka hal tersebut bisa menciptakan efek yang buruk pada hasil foto. Jika cahaya alami tidak cukup mencerahkan hasil foto Anda, tingkatkan nilai eksposur (EV) dan ISO pada kamera ponsel. Namun, ingatlah bahwa peningkatan ISO dapat menimbulkan banyak noise pada hasil foto.

  1. Jangan Gunakan Digital Zoom

digital zoom di kamera ponsel sebenarnya justru memperburuk hasil foto. Kecuali kamera ponsel Anda memiliki optical zoom, di mana lensa kamera akan nampak menjorok keluar dari perangkat Anda, seperti Samsung Galaxy K Zoom. Pasalnya, penggunaan digital zoom hanya akan mempersempit pilihan editing untuk hasil foto. Sebaiknya, foto dengan jarak umum saja, tanpa perlu di zoom in, lalu crop pada bagian objek foto yang ingin diperbesar.

  1. Aturan Pertiga

Dalam aturan pertiga ini posisi objek harus ditempatkan secara sejajar pada jalur horizontal atau vertikal. Dengan kata lain, mata kita akan tertarik pada gambar yang terbagi tiga, dimana subjek berada di pusat foto tersebut.

8 Gunakan HDR

HDR adalah mode yang terdapat di sebagian besar kamera ponsel Android dan fungsinya adalah untuk mengambil foto objek stasioner. Mode High Dynamic Range (HDR) memastikan bahwa pencahayaan dan bayangan dalam foto diekspos secara merata. Mode HDR ini sangat bermanfaat untuk foto dengan kontras tinggi. Di dalam tips memotret dengan kamera Android ini, mode HDR membutuhkan dua atau lebih gambar dari berbagai eksposur secara bersamaan.