1. Kebutuhan Upgrade

Yang perlu anda perhatikan, Anda harus tau apa tujuan kita meng-Upgrade RAM. jangan hanya tertarik untuk mendapatkan kecepatan yang lebih besar setelah meng-upgrade RAM terus kita buru – buru memutuskan untuk upgrade RAM di laptop kita. Berbeda berbeda dengan yang mempunyai hobi bermain game atau edit vidio maka RAM perlu di tingkatkan, karena kapasitas RAM yang kita butuhkan tidak sedikit. kalau dirasa perlu untuk medapatkan kinerja yang lebih khusunya dari segi kecepatan, upgrade RAM merupakan salah satu solusi yang cukup tepat. Tetapi kita harus memperhatikan apakah komponen – komponen hardware dan software yang kita gunakan support atau tidak, kita harus memastikan semuannya terlebih dahulu. Nah untuk hal ini saran saya sebelum membeli laptop.

  1. Jenis Prosesor

Processor adalah otak yang memproses salah satu kinerja suatu Komputer. Jika kita ingin upgrade RAM, alangkah baiknya untuk mengetahui sejauh mana prosesor dapat menampung kapasitas dari RAM. dengan demikian kriteria untuk support memorinya pun kadang berbeda – beda juga, yang pelu diperhatikan saat hendak upgrade RAM yang yang kita punya diantarannya :

Karenakita tidak begitu saja menambahkan kapasitas sesuai keinginan tanpa memikirkan seberapa kuat prosesor untuk menampungnya. Seperti halnya prosesor pentium 4 yang menggunakan kapasitas RAM sebesar 32 GB tentu saja ngak seimbang.  apabila kita tetap memaksakan memberikan kapasitas yang lebih dari 16 GB, maka hasilnya akan percuma karena yang akan terbaca hanya sebesar 16 GB saja.

RAM yang digunakan pada laptop, kalau yang dipakai pada PC biasannya disebut dengan DIMM. DDR3 disini maksutnya slot yang dipakai jenisnya adalah DDR3, 4GB menunjukkan besarnya kapasitas dari RAM tersebut, dan PC-10666 menunjukkan type memorinya yang memiliki kecepatakan 1333MHz.

  1. Sistem Oprasi

Kita juga harus memperhatikan Sistem operasi, yang perlu diperhatikan adalah arsitektur yang digunakan, apakah sistem operasi tersebut menggunakan arsitektur 32 bit atau 64 bit. Baik windowsmaupun linux memiliki limit memori yang berbeda pada masing – masing tipe sistem operasinya. Perbedaan mendasar pada 32 bit dan juga 64 bit. pada banyaknya kapasitas register yang dapat ditangani oleh suatu central processing unit ( CPU ) dalam satu kali perhitungan. Tentunya sistem opersai yang menggunakan arsitektur 64 bit memilki jumlah penanganan yang lebih banyak daripada sistem operasi dengan arsitektur 32 bit. Kita ambil contoh misal pada Windows 7 Professional, yang menggunakan arsitektur 32 bit batas limit memorinya hanya 4GB, dengan kata lain jika kita memasang RAM dengan kapasitas lebih dari 4GB, maka yang akan terbaca maksimal hanya 4GB, sedangkan pada arsitektur 64 bit batas limit memorinya mencapai 192 GB.

  1. Masa Garansi

Masa garansi Ini juga penting loh. Bagi kamu sebelum upgrade RAM adalah, jika kamu menambahkan kapasitas memory atau RAM maka otomatis garansi akan hangus. Tentu saja ini  yang harus kamu pertimbangkan dahulu sebelum upgrade.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here