1. Kurangi Widget dan Live Wallpaper

 

Widget dan live wallpaper merupakan fitur yang paling boros menggunakan RAM. Banyak widget yang selalu melakukan refresh sementara live wallpaper malah selalu aktif ketika layar menyala. Selain memakan RAM, kedua fitur tersebut juga akan menghabiskan baterai dengan cepat. Oleh karena itu, kurangilah penggunaan widget atau jika bisa hapus saja widget dan live wallpapernya jika tidak dibutuhkan.

  1. Disable Application

Terdapat beberapa aplikasi yang terus menggunakan kapasitas RAM meskipun kita sedang tidak menggunakannya. Nah, klo terdapat Aplikasi yang anda tidak pernah gunakan lebih baik di nonaktifkan saja karena itu menyebabkan lag pada Android kamu. Kita bisa melakukan fitur “disable application” untuk menonaktifkannya. Caranya, buka “settings” kemudian pilih menu “apps” atau “application manager.” Di sana, berpindahlan ke tab “all” untuk melihat semua aplikasi yang sedang berjalan di perangkat Anda. Buka salah satu aplikasi yang tidak digunakan kemudian klik tombol “disable”. Satu hal yang perlu Anda ingat, jangan pernah men-disable aplikasi yang berkaitan dengan sistem Android. Jika Anda melakukannya, maka biasanya akan terjadi beberapa masalah pada perangkat Anda seperti fitur yang tidak berfungsi, force close, dan lainnya.

  1. Matikan Animasi

Animasi pada Android juga sering memakan kapasitas RAM yang agak tinggi sehingga lebih baik Anda mematikannya saja. Caranya, buka “Settings”, kemudian pilih menu “About Phone” lalu pada bagian build number ketuk sebanyak 7 kali hingga keluar notifikasi bahwa Anda kini telah menjadi developer.
Setelah itu kembalilah ke “Settings” lalu buka menu “Developer Options”. Di sana pilihlah opsi “Drawing” kemudian matikan Window animation scale,  Transition Animation scale, dan Animator duration scale agar tidak ada lagi animasi yang menggunakan RAM secara berlebihan.

1 COMMENT

  1. Admiring the hard work you put into your website and detailed information you present. It’s awesome to come across a blog every once in a while that isn’t the same out of date rehashed information. Wonderful read! I’ve saved your site and I’m adding your RSS feeds to my Google account.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here