Beranda Nusantara 37 rumah di bagian tengah Bangka terendam banjir

37 rumah di bagian tengah Bangka terendam banjir

Banjir di jalan tersebut menyulitkan akses transportasi dari Bangka Tengah ke Kabupaten Bangka Selatan.

Bangka Tengah, Babel (ANTARA) – Sebanyak 37 bangunan tempat tinggal di Desa Berok, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung terendam banjir akibat hujan deras dalam beberapa hari terakhir.

“Tercatat ada 37 rumah yang terendam banjir. Kami melihat kondisi mereka dan sekaligus memberikan bantuan untuk memenuhi kebutuhan dasar,” kata Direktur Paduan Suara Bangka Tengah Algafri Rahman di Koba, Bangka Tengah, Jumat.

Menurut Bupati, beberapa rumah di Desa Berok selalu terendam banjir saat hujan deras karena sungai yang mengalir di pemukiman warga meluap.

“Sungai itu meluap karena tidak hanya disebabkan oleh hujan deras, tetapi juga disertai dengan air pasang, sehingga air menggenangi beberapa rumah di dataran rendah,” katanya.

Bupati mengimbau warga yang tinggal di daerah rawan banjir untuk lebih waspada mengingat curah hujan yang tinggi pada pekan ini.

“Ketinggian air di rumah warga tidak terlalu tinggi, namun warga tetap tidak bisa mengerjakan pekerjaan rumah tangga hingga air surut,” ujarnya.

Bupati juga mengatakan banjir menggenangi ruas jalan provinsi di Desa Nibung yang menghubungkan Kabupaten Bangka Tengah dengan Bangka Selatan.

“Banjir di jalan membuat akses transportasi dari Bangka Tengah ke Kabupaten Bangka Selatan sulit untuk diakses,” katanya.

Mobil yang lewat mengganggu, bahkan kendaraan roda dua di atas truk pun harus dievakuasi.

“Banjir terjadi karena pengaruh pasang surut, ketika Sungai Nibung tidak bisa menerima arus air, sehingga meluap ke jalan,” kata Bupati.

Artikel sebelumyaPolisi mendelegasikan penyelidikan bentrokan Nagreg ke Pomdamu Silivangi
Artikel berikutnyaDua jembatan di Chianzhur jebol akibat tersapu arus.