1. Kumpulkan Informasi Tentang Mantan

Sebelum memulai strategi untuk mendekati mantan atau mencoba untuk meluluhkan hatinya, ada baiknya kamu mencoba langkah awal adalah mengumpulkan informasi tentang mantan sebanyak-banyaknya. Jangan sampai dia sudah memiliki pasangan baru ketika Kamu ingin kembali dengannya. Hal ini bisa kamu lakukan dengan stalking media sosial miliknya atau ngobrol dengan sahabat dan teman-temannya dekatnya. Pastikan informasi yang kamu terima akurat.

2. Tanyakan Kabar Mantan untuk Mulai PDKT

Apabila semua informasi yang kamu dapat sudah kamu ketahui bahwa mantan sedang tidak ada pasangan, maka langkah selanjutnya untuk balikan sama mantan adalah dengan memulai pendekatan. Seperti pendekatan pada awal sebelum pacaran dulu, ada baiknya dimulai dengan menanyakan kabarnya selama ini. Jika ternyata kontak yang Kamu punya sudah tidak digunakan lagi, maka dapat dimulai dengan menghubungi sahabat atau keluarganya. Ketika bertanya kabar pun tidak ada salahnya jika kamu meminta maaf atas apa yang telah terjadi di masa lalu. Meskipun di dalam kekacauan sebelumnya Kamu sepenuhnya tidak salah, meminta maaf dengan tulus dapat membuat mantan mempertimbangkan kembali apakah Anda layak untuk masuk ke kehidupannya lagi atau tidak.

3. Jadilah Teman

Ada kalanya bertemu lagi akan membuat suasana menjadi canggung. Tidak perlu khawatir, karena setiap langkah pertama selalu terasa lebih sulit.Namun dengan seiring waktu, intensitas bertemu yang lebih sering akan membuat kecanggungan ini menjadi hilang. Karena itu, cobalah untuk berteman biasa terlebih dulu dengan mantan, jangan berekspektasi terlalu tinggi. Menjadi teman, sering jalan bersama atau bahkan curhat sedikit akan membuat kalian berdua sama-sama mengerti perubahan apa yang terjadi selama kalian berpisah. Dengan begitu ini dapat menjadi pertimbangan untuk lanjut ke langkah selanjutnya: cinta lama bersemi kembali (CLBK) atau tidak.

4. Buktikan Anda Lebih Baik dari Sebelumnya

Jika Anda memang serius untuk kembali ke mantan, buktikan bahwa pribadi Anda yang sekarang jauh lebih baik dari yang sebelumnya. Value Anda akan lebih tinggi jika sifat Anda yang membuat kalian berdua dulu putus juga sudah diperbaiki.

Jika Anda tidak lebih baik dari sebelumnya, maka apalagi yang bisa ditawarkan? Dia bisa saja tidak perlu berpikir dua kali untuk menolak permintaan Anda untuk kembali padanya jika Anda tidak lebih baik dari sebelumnya. Tidak enak kan ditolak sama mantan? Ketika Anda penuh dengan pribadi yang positif dan sering melakukan pertemuan dengan mantan, bukan tidak mungkin mantan akan merasa kehilangan ketika sedang tidak bersama Anda. Sehingga bisa saja ia ngajak balikan duluan. Selain itu, jadilah orang yang dapat diandalkan ketika mantan sedang membutuhkan.

5. Tunjukkan Anda Bisa Dipercaya

Untuk Menjadi orang kepercayaan adalah hal yang tidak mudah, namun bisa dilakukan. Dengan semua langkah yang telah Anda lakukan sebelumnya, tunjukkan bahwa Anda masih bisa dipercaya dan layak untuk mendampinginya kembali. Jadilah orang yang jujur dan apa adanya. Tunjukkan versi terbaik Anda ketika bersamanya. Dengan menjadi diri sendiri dengan versi terbaik akan memudahkan langkah Anda ke depannya, baik untuk berpacaran kembali atau melangkah ke jenjang yang lebih jauh.

6. Kenang Masa Lalu yang Telah Dilewati Bersama

Jika Kamu sudah merasa sering keluar bersama serta hubungan dekat denganya sekarang terasa lebih santai, maka langkah selanjutnya untuk balikan sama mantan adalah dengan kembali mengenang masa lalu indah yang telah dilewati bersama. Kalian berdua bisa pergi untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah, seperti tempat jadian, tempat perayaan ulang tahun, perayaan anniversary atau tempat kenangan lain. Melakukan napak tilas bersama akan memungkinkan untuk menumbuhkan kembali benih-benih cinta yang masih terpendam.Namun untuk melakukan ini jangan terlalu terburu-buru ya. Bukan di awal-awal atau ketika hubungan masih sedikit canggung dan renggang. Bukannya malah romantis, mengenang masa lalu di saat yang tidak tepat malah dapat memicu ketegangan di antara kedua belah pihak.

7. Tentukan Waktu yang Tepat untuk Balikan

Setelah semuanya hal telah kamu lakukan, carilah momen yang tepat untuk menyatakan maksud Anda untuk kembali dengan mantan. Lakukan ini secara tenang dan santai, tidak perlu terlalu memaksakan kehendak. Beri kesempatan pada mantan untuk berpikir dengan matang sebelum dia memutuskan untuk kembali pada Anda atau tidak.