Pasien diagnosis ganda adalah mereka yang menderita penyakit mental sementara juga berjuang dengan kecanduan. Ada hubungan yang sangat signifikan antara penyakit mental dan kecanduan yang telah diidentifikasi oleh profesi medis dan dalam beberapa tahun terakhir, pendekatan pengobatan yang lebih efektif telah dikembangkan untuk hasil yang lebih baik dalam pemulihan.

Hingga sekitar tahun 1984, adalah keyakinan yang dipegang luas bahwa orang yang menderita penyakit mental yang juga menyalahgunakan zat harus diperlakukan untuk kecanduan sebagai masalah prioritas atas masalah kesehatan mental. Namun, kemudian ditemukan bahwa kedua kondisi hampir selalu memiliki korelasi langsung dengan satu sama lain, yang artinya dalam banyak hal mereka menggabungkan untuk mengabadikan perilaku adiktif.

Pusat-pusat perawatan diagnosis ganda menghabiskan banyak waktu untuk mengevaluasi dan menilai setiap pasien tentang asupan untuk menegakkan diagnosis yang akurat dalam kasus-kasus di mana terdapat gejala-gejala kondisi kesehatan mental yang terjadi bersamaan.

Tautan Tak Terbantahkan antara Kesehatan Mental dan Ketergantungan
Menurut Survei Nasional Penggunaan Narkoba dan Kesehatan 2015, lebih dari 8 juta orang dewasa menderita gangguan mental dan penyalahgunaan zat atau kecanduan, dengan sekitar 2,3 juta menunjukkan gejala kecanduan dan mental yang ekstrim atau parah.

Sekitar 55% orang di Amerika dengan kondisi yang terjadi bersama mencari perawatan spesialis di pusat perawatan diagnosis ganda atau menerima perawatan kesehatan mental setiap tahun.

Ketika seseorang adalah pasien diagnosis ganda, mereka biasanya menampilkan dua set gejala yang berbeda meskipun beberapa mungkin tumpang tindih. Ini memperburuk dan memperumit masalah mereka karena gangguan yang terjadi saling mempengaruhi satu sama lain melalui interaksi yang dapat berfungsi untuk melanggengkan kebutuhan untuk mengobati diri sendiri. Jika kondisi kesehatan mental tidak diobati, itu selalu memperburuk dari waktu ke waktu dan hal yang sama berlaku kecanduan, yang mengapa pengobatan keduanya pada saat yang sama adalah rencana perawatan yang paling efektif.

Yang Datang Pertama: Kecanduan atau Penyakit Mental?
Mengidentifikasi kondisi mana yang sudah ada sebelumnya sangat penting sebelum memungkinkan untuk mendiagnosis pasien secara akurat dan mengembangkan rencana perawatan yang dipersonalisasi untuk mereka. Meskipun kecanduan umum terjadi pada orang dengan penyakit mental, penyalahgunaan zat itu sendiri dapat menyebabkan gejala gangguan mental seperti depresi dan kecemasan, yang menambah kompleksitas kasus diagnosis ganda.

Kadang-kadang orang dapat mulai menggunakan obat-obatan atau alkohol sebagai cara untuk mengobati gejala-gejala penyakit mental yang sangat menyedihkan. Seiring waktu, toleransi alami terhadap obat-obatan atau minuman dikembangkan sehingga orang mulai mengambil dosis yang lebih tinggi untuk mendapatkan efek yang diinginkan. Tak lama dan jika pola perilaku ini disesuaikan, seseorang dapat dengan cepat melanjutkan untuk mengembangkan ketergantungan dan akhirnya, kecanduan penuh.

Dalam kasus lain, terutama jika seseorang telah menggunakan obat-obatan dan alkohol untuk jangka waktu yang lama, gejala penyakit mental seperti depresi atau gangguan panik dapat mulai muncul sebagai konsekuensi dari gangguan fungsi otak dari perilaku adiktif.

Bagaimana Diagnosis Ganda Diobati
Penyalahgunaan alkohol dan narkoba meningkatkan risiko yang mendasari masalah kesehatan mental dan di sisi lain, obat-obatan dan alkohol dapat membuat gejala penyakit mental jauh lebih buruk. Karena hubungan antara kondisi yang terjadi bersamaan sangat kuat, perlu untuk mengatasi setiap individu tetapi pada saat yang sama ketika datang ke pengobatan.

Dengan efektif mengobati gejala penyakit mental dan kecanduan begitu detox telah selesai, tujuan kembali ke kehidupan sehari-hari dalam pemulihan dipercepat. Interaksi yang rumit dari genetika, lingkungan dan faktor-faktor dan variabel luar lainnya perlu diurai sebelum memungkinkan untuk mengumpulkan seseorang kembali untuk mempersiapkan mereka untuk hidup dalam ketenangan.

Selalu penting untuk diingat bahwa perawatan tersedia terlepas dari seberapa suram situasinya. Bagi banyak pecandu, ketakutan yang sering salah tempat mereka tentang memasuki program diagnosis ganda bisa cukup memadai untuk mencegah mereka melakukan hal itu. Namun, kenyataannya adalah bahwa ada sangat banyak kehidupan setelah kecanduan dan jalan menuju ketenangan meskipun sedikit berbatu dari waktu ke waktu, sangat memuaskan, memperkaya dan bermanfaat, menjadikannya berharga setiap detik dalam upaya mencapainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here