jurnalpos
jurnalpos

Nigeria menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan tercepat di dunia, dengan berbagai agenda, undang-undang dan peraturan yang cocok yang diterapkan oleh pemerintahan saat ini untuk meningkatkan perekonomian negara dan mendorong investasi asing.

Ada banyak bisnis menguntungkan yang sekarang dibuka untuk dijalankan oleh orang asing di Nigeria, yang membentang di semua sektor ekonomi. Beberapa di antaranya meliputi: ekspor bahan mentah, pertanian, minyak dan gas, bisnis dan real estat.

Melakukan bisnis di Nigeria kini telah dibuat lebih mudah oleh berbagai lembaga Pemerintah Federal yang bertanggung jawab atas kelancaran dan operasi investasi di Nigeria.

PROSES UNTUK MEMASUKKAN BISNIS DI NIGERIA
Di mana orang asing bermaksud untuk berinvestasi di Nigeria, hal pertama dan terpenting yang harus dilakukan adalah penggabungan perusahaan yang diusulkan di Nigeria dengan Corporate Affairs Commission (CAC). Penggabungan perusahaan adalah langkah pertama untuk pengaturan bisnis di Nigeria. Di bawah hukum Nigeria, setiap perusahaan harus terdiri dari minimal dua direktur dan dua pemegang saham. Sebuah perusahaan asing yang ingin mendaftarkan perusahaan di Nigeria dan tidak memiliki hingga dua direktur yang diperlukan untuk mengendalikan bisnis dapat mencalonkan seorang warga negara Nigeria sebagai direktur dengan biaya tertentu. Dan di mana orang asing terlibat, baik sebagian atau seluruhnya pembentukan perusahaan, modal saham resmi perusahaan tidak boleh kurang dari N10.000.000 (Sepuluh Juta Naira).

Setelah berhasil menggabungkan perusahaan dengan partisipasi asing atau pemilik di Nigeria, perusahaan harus mengajukan permohonan izin usaha. Izin usaha memungkinkan perusahaan asing yang dimiliki sepenuhnya untuk menjalankan bisnis di Nigeria.

Langkah berikut adalah mendaftar untuk mendapatkan nomor identifikasi pajak dan sertifikat perijinan pajak. Setelah proses perpajakan, pemilik asing dari perusahaan atau pemiliknya sekarang dapat mengajukan permohonan untuk kuota ekspatriat. Kuota ekspatriat memungkinkan orang asing yang berniat untuk bekerja di Nigeria untuk mengajukan permohonan dan mendapatkan izin kerja. Proses selanjutnya yang harus diikuti adalah mengajukan permohonan izin kerja atau penduduk Nigeria, yang juga dikenal sebagai Izin Tinggal Ekspatriat Gabungan dan Kartu Aliens (CERPAC). Kemudian sebuah bisnis dibentuk, dan perusahaan yang baru terdaftar yang dibentuk oleh orang asing sekarang dapat memulai bisnis. Namun, perusahaan asing dengan warga negara Nigeria sebagai direktur tidak perlu mengajukan permohonan kuota ekspatriat dan CERPAC untuk memulai bisnis di Nigeria

Nigeria memang tempat untuk memiliki perusahaan dan berinvestasi, karena ada banyak manfaat dan kelebihan yang melekat pada ini. Dengan proses cepat penggabungan perusahaan, waktu penyelesaian untuk mendirikan bisnis di Nigeria kini sangat cepat.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here