Beranda Nusantara Banjir Hornbeam menerjang pantai selatan Tulungagung hingga Pasitan

Banjir Hornbeam menerjang pantai selatan Tulungagung hingga Pasitan

Tulungagung, Jawa Timur (ANTARA) – Banjir rob akibat gelombang pasang melanda sejumlah wilayah pesisir di Tulungagung, mulai dari Trenggalek hingga Kabupaten Pasitan, Kamis.

Gelombang tinggi, ditambah dengan naiknya permukaan air laut, membanjiri pantai-pantai di pesisir selatan Tulungagung.

Beberapa bahkan memasuki desa, tetapi tidak menyebabkan kerusakan apa pun.

Di Pantai Sidem, Desa Besole, Kecamatan Besuki, Tulungagung, misalnya, banjir rob yang terjadi sejak pukul 09.00 WIB membuat warga panik.

Begitu pula dengan kawasan pesisir Pantai Biru, Pantai Popoh, Gema, hingga pesisir kawasan Munjungan, Kabupaten Trenggalek. Luapan air laut ke daratan membuat warga panik.

Mereka melarikan diri, tetapi tidak ada yang melarikan diri. “Sebelumnya, mobil yang hendak keluar rumah juga terjebak gelombang pasang karena jaraknya sekitar 30 meter dari bibir pantai. Tapi sepertinya tidak rusak,” kata Sumaryanto, seorang nelayan di Pantai Sidem.

Warga dan Babinsa memantau banjir rob di kawasan permukiman pesisir Sidem, Tulungagung, Kamis (12/8/2021) (HO)

Di desa pesisir yang dekat dengan garis pantai ini, banjir rob melanda lima RT di RW 8 Dusun Sidem. Ada 265 keluarga di daerah ini.

Warga terlihat waspada dan waspada, mewaspadai anomali gelombang pasang yang menyebabkan gelombang pasang itu menyerang.

“Rob itu biasa, tapi biasanya bisa ditebak. Hanya hari ini tanpa peringatan,” katanya.

Selain di Sidem, banjir rob juga melanda pantai di Trenggalek dan Pasitan. Salah satunya terlihat di Pantai Blado di Munjungan. Di pantai yang menghadap ke Samudra Hindia, air pasang menghantam tenda di dekat pantai setempat.

Satu perahu nelayan dilaporkan terbalik dan nelayannya masih hilang, diduga tenggelam dan hanyut oleh arus laut. “Petugas masih mencari korban,” kata Nurhadi, warga Munjungan.

Artikel sebelumyaSandra Devi mencoba memikat suaminya setiap hari
Artikel berikutnyaTiga Operator Buka Layanan 5G, Menkominfo: Pemerintah Siapkan TKDN 5G