Beranda Nusantara Banjir melanda Kabupaten Bolaang Mongondou Selatan

Banjir melanda Kabupaten Bolaang Mongondou Selatan

masih mendaftarkan pemukiman yang terkena dampak

Bolaang Mongondou Selatan (ANTARA) – Banjir bandang terjadi di Kabupaten Bolaang Mongondou Selatan, Sulawesi Utara (Sulawesi Utara) menyusul hujan lebat dan angin kencang yang melanda kawasan itu sejak Rabu siang (9 Agustus).

“Pagi ini, dari pantauan BPBD dan relawan, semua sungai yang airnya naik, bahkan ada yang meluap hingga ke pemukiman warga,” kata Daanan Mokodompit, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Bolaang Mongondou Selatan, di Manado. . Kamis.

Secara khusus, ada lima desa di wilayah Pinolosian Tengah yang permukimannya tergenang air, yakni Desa Mataindo, Mataindo Utara, Torosik, Tobayagan, dan Tobayagan Selatan.

“Air yang membanjiri pemukiman warga setinggi lutut hingga pinggang orang dewasa,” katanya.

BPBD, kata dia, belum bisa memastikan apakah seluruh wilayah terdampak banjir karena jalur angkutan roda dua dan empat tidak bisa dilalui.

Sama halnya dengan sambungan telekomunikasi yang tidak tersambung, sehingga staf atau relawan BPBD masih harus menunggu hingga hujan reda dan jalan diseberangi.

“Mungkin nanti sore akan ada informasi desa yang terkena dampak, termasuk tingkat kerusakannya. Kami juga masih melakukan pendataan terhadap permukiman terdampak di Pinolosiana Tengah,” jelasnya.

Selain Pinoliza Tengah, banjir juga melanda wilayah Pinolosian, Pinolosian Timur dan Posigagang.

“Kami berharap aparat desa dan masyarakat tidak panik dengan kondisi seperti ini. Kita harus tetap waspada karena hujan deras,” ujarnya.

Kondisi cuaca ekstrem ini diperkirakan akan berlanjut hingga pekan depan. Informasi BMKG, kata dia, menjadi perhatian pemerintah dan masyarakat.

Artikel sebelumyaJake Enhipen pulih dari COVID-19
Artikel berikutnyaBintang TikTok Addison Rae menandatangani kontrak baru dengan Netflix