Beranda Nusantara BBKSDA Sumut terima enam Siamang dari Jakarta

BBKSDA Sumut terima enam Siamang dari Jakarta

Medan (ANTARA) – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut telah menerima enam ekor siamang (Symphalangus Syndactylus) dari Balai Penyelamatan Satwa (PPS) Tegal Alur BKSDA Jakarta.

“Enam owa hasil serah terima masyarakat kepada petugas dan ditempatkan di PPS Tegal Alur yang dioperasikan oleh BKSDA DKI Jakarta,” kata Pj Kepala BBKSDA Sumut Irzal Azhar dalam keterangan tertulis yang diterima Jumat.

Dia mengatakan, enam owa itu tiba di Bandara Internasional Kualanamu, Delhi Serdang, Kamis (23/9) dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

Sebelum memindahkan owa, Petugas Medis PPS Tegal Alur melakukan pemeriksaan perilaku dan kesehatan.

“Menilai perilaku dan kesehatan dengan mengamati satwa liar, perilaku makan, kualitas feses, kondisi tubuh dan perilaku alam,” katanya.

Irzal mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan dan pengamatan, hewan-hewan tersebut tidak mengalami perubahan perilaku alami. Sedangkan dari segi kesehatan, hewan dianggap sehat dan tidak menunjukkan gejala klinis penyakit menular. atau penyakit menular.

“Kesimpulannya, satwa-satwa ini layak direlokasi untuk dilepasliarkan ke habitatnya,” ujarnya.

Ia menambahkan, sebelum berangkat ke Sumut, enam owa (empat laki-laki dan dua perempuan) menjalani tes darah untuk memantau rabies, dan hasilnya dinyatakan titer antibodi anti-rabies (tidak protektif) dan tes negatif COVID-19.

Artikel sebelumyaPolisi Dittipideksus Buru Produsen Dolar AS Palsu
Artikel berikutnyaPKP bermitra dengan milenial untuk lolos ke Senayan