jurnalpos
jurnalpos

Mengapa crowdfunding solusi paling populer untuk hampir setiap masalah hari ini? Karena paling sering, itu adalah uang (dan dukungan) yang dibutuhkan orang untuk memecahkan masalah dan itulah tepatnya crowdfunding. Dan potensinya yang tanpa batas, informalitasnya dan kecenderungannya untuk menjadi viral adalah apa yang menarik orang untuk melakukannya.

Komunitas, individu, organisasi, industri, dan sektor yang tak terhitung jumlahnya telah diuntungkan dengan cara yang sangat besar dari platform fundraising India. Orang-orang yang peduli menggunakan crowdfunding untuk mengatasi epidemi bunuh diri petani. Ketika para taipan bisnis mengancam akan membeli pulau Italia yang indah untuk mengisinya dengan struktur turis, puluhan ribu anak-anak sekolah dari Italia melakukan crowdfunding untuk membeli pulau dan melestarikan keindahan alaminya yang tak tersentuh.

Sekarang kita melihat kelangkaan air di seluruh dunia yang tak terelakkan, mungkin inilah saatnya kita berdiri dan bekerja secara aktif untuk mencari solusi. Panchsheel Park Colony, sebuah kompleks perumahan di Delhi, menjadi contoh yang sempurna. Ketika koloni dicekam oleh kekurangan air yang parah, sekitar 1000 keluarga penghuni koloni berkumpul untuk memulai crowdfunding untuk mencari solusi. Mereka mengumpulkan sekitar Rs 4,5 lakh dan berhasil membuat sistem pemanen air hujan raksasa yang sekarang memanen sekitar 170 juta liter per tahun.

Pemanenan air hujan sangat penting dalam memberdayakan rumah tangga miskin dengan air di banyak wilayah lain di India di mana lembaga nonprofit telah menyiapkan sistem. Namun, untuk membuat dampak nyata, bar perlu disetel lebih tinggi. Pada tahun 2030, tahun ketika krisis air akan menjadi masalah nasional, setiap rumah tangga di India yang dapat menggunakan sistem pemanen air hujan harus melakukannya. Crowdfunding di India berpotensi membuat ini menjadi sebuah kemungkinan.

Apa yang bisa kita pelajari dari juru kampanye di masa lalu

Jika Anda berharap untuk crowdfund karena suatu masalah yang melibatkan populasi yang begitu besar, proses kunci untuk fokus adalah mencari cara untuk menjangkau orang. Tim di Impact Guru telah melihat kampanye yang mendapat banyak manfaat dari kisah penggalangan dana yang tulus dan terperinci. Selain itu, rencana media sosial yang cerdas dan strategi pemasaran yang solid juga penting untuk menjangkau lebih banyak orang. Berikut beberapa cara untuk menjangkau lebih banyak orang:

Mengikuti media sosial Anda tidak cukup. Buat upaya untuk mendapatkan akun lain dengan pengikut yang lebih besar dan relevan untuk membicarakan penyebab Anda. Mulai lakukan ini sebelum Anda meluncurkan kampanye Anda.
Dekati media dan majalah dan mintalah mereka membicarakan penyebab Anda. Rencanakan pitch Anda dengan baik sebelumnya. Mengapa mereka tertarik dengan proyek Anda dan bagaimana mereka akan mendapat manfaat?
Luangkan waktu untuk menulis cerita penggalangan dana besar dengan gambar-gambar bagus dan video pendek. Sertakan bagan rinci tentang bagaimana dana yang Anda kumpulkan akan digunakan dan seberapa besar dampaknya. Anda dapat meminta tim crowdfunding India Anda untuk membantu Anda dengan cerita yang bagus dan video.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here