Beranda Warganet BIG menerbitkan gazeter untuk daftar nama topografi di Indonesia.

BIG menerbitkan gazeter untuk daftar nama topografi di Indonesia.

Jakarta (ANTARA) – Badan Informasi Geospasial (BIG) menerbitkan surat kabar yang memuat daftar baku nama topografi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Para penulis surat kabar BIG akan menambah, menguatkan, menguatkan dan membantu kami dalam mengambil keputusan dalam berbagai proses pembangunan,” kata Ketua BIG M. Aris Marfai dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Rabu (15 Desember).

Gazeter adalah gazetteer dengan koordinat dan peta. Surat kabar menjadi acuan penting dalam memberi nama suatu tempat.

Data yang dikumpulkan gazeter merupakan hasil kolaborasi antar pemangku kepentingan, antara lain kementerian, lembaga, pemerintah daerah, ilmuwan, dan pakar.

Upaya BIG menyusun dan meluncurkan gazeter ini sejalan dengan komitmen Indonesia di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk memiliki daftar nama tempat yang masuk dalam direktori nama topografi nasional, katanya.

Aris mengatakan, nama suatu tempat dapat membantu mencerminkan apa, kapan, di mana, dan bagaimana tempat itu dilaksanakan. Misalnya, nama-nama Rawa Buaya, Rawa Bokor, Kebun Sirih, dan Kebun Jeruk.

Informasi mengenai tempat-tempat tersebut dikumpulkan dalam Lembaran Negara Republik Indonesia.

“Nama-nama ini pasti mencerminkan sesuatu, baik proses maupun peristiwanya,” kata Aris.

Menurut Aris, tidak semua orang Indonesia mengenal dan memahami pengamat. Padahal, fungsi pemerhati sangat penting bagi pembangunan nasional.

Gazeter yang dikeluarkan BIG juga diharapkan dapat digunakan untuk berbagai program pembangunan, pengentasan kemiskinan, dan proses penanggulangan bencana.

Ia melanjutkan, selain cetak, gazeter juga tersedia melalui www.sinar.big.go.id.

Artikel sebelumyaDokter menunjukkan tiga "senjata" hadapi varian baru Omikron COVID-19
Artikel berikutnyaGempa berkekuatan 4,6 SR mengguncang NTB