Beranda Nusantara BMKG memperkirakan Sumatera Selatan akan terus mengalami curah hujan selama musim kemarau.

BMKG memperkirakan Sumatera Selatan akan terus mengalami curah hujan selama musim kemarau.

Palembang (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan Sumatera Selatan akan terus mengalami curah hujan pada musim kemarau (Agustus-September 2021) akibat fenomena tersebut. Dipol Samudra Hindia

Kepala BMKG SMB II Palembang Desindra Deddi Kurniavan di Palembang, Sabtu mengatakan, efek fenomena tersebut menyebabkan terbentuknya awan di Sumatera akibat massa udara yang masuk dari India bagian barat.

“Jadi uap airnya banyak, meski musim kemarau, tapi hujan tetap,” kata Desindra.

Kondisi ini memiliki kemiripan dengan cuaca dan iklim yang akan terjadi pada tahun 2020, namun curah hujan pada musim kemarau hanya berkisar 50 mm atau tidak melebihi 150 mm dalam satu bulan atau dalam kategori rata-rata.

Berkat hujan ini, setidaknya membantu mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Desindra mengatakan, ada beberapa titik api di beberapa wilayah Sumsel menjelang hujan kemarin (6/7). Namun, karena hujan, statusnya sudah hijau (aman).

Namun, kewaspadaan harus ditingkatkan karena aktivitas manusia menjadi penyebab kebakaran hutan dan lahan.

“Jadi kewaspadaan masih perlu diperkuat,” katanya.

Berikut prakiraan cuaca wilayah Sumatera Selatan Sabtu (8 Juli):
– Pagi: cerah, berawan.
– siang hari – siang hari: cerah, berawan – mendung; kemungkinan badai petir di wilayah Prabumulikh dan OKU; peluang hujan ringan di wilayah OKU Timur, OKU Selatan, Muara Enim, OKI dan Ogan Ilir.
– Sore: cerah, berawan.
– Pagi hari: cerah, berawan, dan berpotensi berkabut.
– Suhu udara: dataran rendah sebagian Sumatera Selatan di sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI: 24-33°C, kelembaban udara 55% – 96%.
Suhu udara di dataran tinggi Sumatera Selatan di daerah Pagar Alam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lakhat dan OKU Selatan: 19 – 32°C; Kelembaban udara 60% – 99%.
– Angin: timur laut – tenggara dengan kecepatan 10-30 km/jam.
– Tinggi gelombang laut: Selat Gelas 1,25 – 2,5 m; Selat Bangka Selatan dan Selat Bangka Utara 0,5 – 1,25 m; Cuaca: berawan – hujan sedang; Arah angin: Timur Laut – Selatan dengan kecepatan 05 – 37 km / jam.
– Peringatan dini kondisi cuaca: waspada terhadap kemungkinan hujan sedang, yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pendek pada siang hari – pada malam hari di OKI, OKU, OKU Timur, OKU Selatan, Muara Enim, Prabumulikh dan Kabupaten Musi Banyuasin.

Artikel sebelumyaDua Kapal Tabrakan di Perairan Bakan, Kepala BRI Tewas
Artikel berikutnyaLIPI mengubah limbah masker menjadi produk bernilai tambah