Beranda Nusantara BMKG memprediksi awal musim hujan di Sulawesi Selatan pada Oktober

BMKG memprediksi awal musim hujan di Sulawesi Selatan pada Oktober

Biasanya November, 2021 diharapkan pada akhir Oktober.

Makassar (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Wilayah IV. Makassar memprediksi awal musim hujan di Provinsi Sulawesi Selatan lebih awal dari tahun-tahun sebelumnya.

“Sekarang masih masa transisi, hanya perlu diketahui bahwa musim hujan sebentar lagi akan datang, biasanya November 2021 diprediksi akan datang pada akhir Oktober,” kata Peramal BMKG Wilayah IV Makassar, Esti Cristantri, saat dikonfirmasi. di Makassar pada hari Minggu. …

Esti mengatakan meski beberapa hari terakhir diguyur hujan, namun belum dikatakan memasuki musim hujan karena kondisi cuaca masih berubah dari musim kemarau ke musim hujan.

Selain itu, jika dilihat dari arah angin, aliran massa udara di wilayah Sulawesi Selatan biasanya masih dipengaruhi oleh angin timur yang berlangsung sementara. Sedangkan untuk konfirmasi masuknya musim hujan biasanya ditandai dengan perubahan angin secara otomatis yaitu angin barat.

Biasanya BMKG dimulai saat memasuki musim hujan, artinya curah hujan melebihi 50 milimeter selama tiga kali berturut-turut (satu bulan).

Meski beberapa hari terakhir diguyur hujan deras, musim hujan belum juga tiba. Namun diprediksi akan lebih maju karena beberapa faktor, antara lain adanya La Nina.

“Karena itu, musim hujan bisa lebih cepat progresnya. Faktornya BMKG pusat (BMKG pusat) kemarin masih menjadi indikator, artinya diperkirakan masih La Nina, artinya 60-70 persen pengajuan ada indikasi La Nina seperti ini – jelasnya.

La Nina adalah fenomena alam yang menyebabkan udara lebih dingin atau curah hujan lebih banyak. Fenomena La Nina merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya musim hujan di Indonesia.

Selama ini wilayah Sulawesi Selatan memiliki potensi curah hujan normal. Mengenai kemungkinan hujan lebat, jika perhitungan hari itu sering terjadi, termasuk peringatan dari BMKG sebagai informasi bagi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran.

“Misalnya hari ini hujannya cukup deras, bukan berarti musim hujan sudah tiba. Prakiraan musim hujan mungkin lebih maju dari biasanya,” tambah Esti.

Seorang jurnalis melintas saat bekerja jurnalistik di kantor BMKG Wilayah IV Makassar, Jalan Prof Basalama, Makassar, Sulawesi Selatan. ANTARA/Darwin Fatir.

Artikel sebelumyaBMKG peringatkan Kabupaten Pacitan untuk bersiap menghadapi skenario tsunami terburuk
Artikel berikutnyaGempa berkekuatan 5,2 di Agama karena subduksi lempeng Indo-Australia