Beranda Warganet Buah Limpasu dipercaya dapat menyembuhkan COVID-19

Buah Limpasu dipercaya dapat menyembuhkan COVID-19

Hulu Sungai Tengah (ANTARA) – Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, H Mansyah Sabri meminta Dinas Kesehatan melakukan uji klinis buah Limpasu.Baccaurea lanceolata)karena diyakini sebagian orang bisa menyembuhkan penyakit warga yang terkena virus COVID-19.

“Kami mohon kepada Dinas Kesehatan untuk mengetahui lebih lanjut karena saat-saat seperti ini sangat bermanfaat bagi penderita COVID-19, apalagi buah ini asli Meratus,” kata Mansya di Barabay, Senin.

Jika terbukti secara klinis, atau setidaknya bisa digunakan sebagai terapi untuk mempercepat pemulihan pasien COVID-19, kata dia, maka ini menjadi kabar baik bagi masyarakat Indonesia.

“Bahkan, buah dari Kalimantan ini bisa menjadi penyalur pengobatan COVID-19 di Indonesia bahkan di seluruh dunia,” harapnya.

Sebelumnya, dr Irene yang bekerja di Hantakan Medical Center sempat bercerita tentang buah Limpasu yang viral saat beberapa warga Dayak dari Kampung Papagarana dan Patikalain mengikuti senam tradisional di aula pada Juni 2021.

Setelah dirujuk, kata dia, ada beberapa warga yang sakit dan memiliki gejala infeksi COVID-19.

Sekitar 80 persen warga Papagaran mengalami gejala seperti kehilangan selera dan dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

Namun, ternyata warga sendiri berinisiatif untuk mencari obat-obatan alami di hutan, untuk mencicipi asam-asam buah Limpasu. Selain itu, warga juga meminum air perasan kulit buah yang dihaluskan yang dicampur dengan setengah gelas air putih, serta akar kuning yang direndam (Fibraurea tinctoria) dan buah Pathikal (Kecombrang).

Setelah diminum secara rutin tiga kali sehari, ternyata luar biasa efeknya, warga bisa sembuh dan merasakan rasanya. Ada empat hari untuk mabuk untuk pulih dalam seminggu.

Buah limpasu sendiri dikenal sebagai warisan kecantikan masyarakat Dayak di Meratus Kalimantan yang kulitnya digunakan sebagai masker wajah, lulur atau bedak.

Dari Wikipedia disebutkan bahwa buah limpasu bermanfaat untuk mengobati demam (akibat infeksi), kesehatan kulit, dan antioksidan. Buah limpasu dapat membuat kulit segar dan selalu sehat sehingga selalu tampak cantik. Biasanya juga digunakan untuk mengobati jerawat.

Parutan buah limpasu dan tambahan bedak dingin telah terbukti benar-benar menyembuhkan jerawat pada wanita muda. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tanaman liar ini dapat mendukung kesehatan kulit.

Saat ini, tanaman ini sudah digunakan di beberapa kosmetik. Masker wajah terbuat dari buah limpasu, karena buah ini kaya akan vitamin C dan antioksidan. Buah limpasu juga banyak mengandung air, sehingga dapat menyehatkan kulit.

Namun, belum ada penelitian lebih lanjut yang dilakukan terkait penggunaan untuk pengobatan COVID-19. Paling tidak, buah ini sudah terbukti mempercepat pemulihan warga Dayak Meratus yang sudah mengalami gejala COVID-19.

Artikel sebelumyaKapolres Bogor Bagikan Paket Sembako ke PKL di Punchak
Artikel berikutnyaBatan: Hakteknas memotivasi tenaga kerja ilmiah dan teknologi saat ini untuk aktif berinovasi