Telur adalah sumber protein murah dan lezat yang selalu kita santap sehari-hari. Dari anak hingga dewasa sangat menyukainya. Tak lengkap rasanya bila dalam seminggu kita tak menyantap hidangan telur, baik yang digoreng dadar, diceplok atau direbus. Karena menjadi telah hidangan ‘wajib’ dirumah, banyak ibu rumah tangga yang membeli telur dalam jumlah banyak dan Umumnya umur telur dapar bertahan hingga dua minggu. Namun karena telur biasanya telah diinap oleh di kedai penjual, maka umur simpan telur menjadi berkurang. Tak jarang, tanpa kita ketahui, ternyata telur yang hendak kita masak telah busuk. Untuk menghindari ‘kecelakaan’ karena memecah telur tak layak konsumsi ke penggorengan, kita harus tahu cara membedakan telur yang masih segar dengan yang tak baik lagi.

 

Berikut ini cara tes telur :

  1. Pegang Telur dengan ibu jari dan jari telunjuk, kemudian goyangkan agak kuat.bila isi telur tidak terasa ikut terguncang, berati telur masih baik. Tetapi bila isi telur terasa ikut terguncang, berati telur sudah tidak segar.
  2. Tes umur telur dengan memasukkan ke dalam air, semakin lama umurnya maka telur semakin mengapung.dan kalau sudah mengapung itu tandanya telur sudah tak layak di konsumsi.

Dengan cara ini, kita bahkan bisa mengetahui perkiraan umur telur sehingga kita bisa memprediksi berapa lama lagi telur dapat disimpan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here