Beranda News DKPP memberhentikan sementara dua penyelenggara pemilu

DKPP memberhentikan sementara dua penyelenggara pemilu

Pemberhentian tetap anggota KPU Kabupaten Banjar Abdul Karim Omar dan anggota KPU Kabupaten Maros Mujaddid.

Jakarta (ANTARA) – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memerintahkan pemberhentian tetap dua penyelenggara pemilu.

Ketua MPR Teguh Praseto dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Rabu, mengatakan DKPP telah menggelar sidang pembacaan putusan kode etik penyelenggara pemilu dengan agenda membacakan putusan sembilan kasus dugaan pelanggaran Kode Etik Pemilu. Penyelenggara (KEPP) pada 8 September 2021 G.

DKPP memberlakukan pemberhentian tanpa batas waktu terhadap anggota KPU Kabupaten Banjar Abdul Karim Omar dan anggota KPU Kabupaten Maros Mujaddid.

Abdul Karim Omar menjadi tergugat dalam perkara No. 140-PKE-DKPP/V/2021. Perkara tersebut disidangkan dalam sidang pada 23 Agustus 2021.

“Pemberlakuan sanksi tanpa batas waktu atas pemberhentian Teradu Abdul Karim Omar sebagai anggota Partai Komunis Kabupaten Banjar pada tanggal pengumuman keputusan ini,” kata Teguh. Prasetyo.

Sedangkan Mujaddid berstatus Tergugat I dalam perkara nomor 159-PKE-DKPP/VII/2021 yang telah diperiksa DKPP pada 12 Agustus 2021.

“Pengenaan sanksi tetap terhadap pemberhentian Teradu Y Mujaddid sebagai anggota KPU Kabupaten Maros pada tanggal keputusan ini diumumkan,” kata Teguh. Prasetyo.

DKPP menggelar sidang sembilan kasus yang melibatkan 18 penyelenggara pemilu.

Selain itu, DKPP, setelah membacakan putusan, memutuskan untuk memberhentikan dua penyelenggara pemilu secara tidak dapat ditarik kembali.

Selanjutnya, DKPP memberikan sanksi menghormati delapan penyelenggara pemilu dan Anda mendapat peringatan keras.

DKPP juga memulihkan nama baik atau membebaskan tujuh penyelenggara pemilu yang gagal membuktikan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu.

Artikel sebelumyaKapolri Serukan Optimalisasi Pemanfaatan Isothermal di Kalbar
Artikel berikutnyaKapolri Serukan Percepatan Distribusi Vaksin Untuk Kalbar