Beranda News DPR Dukung Pembangunan Asrama Haji Wisma Marwah di Makassar

DPR Dukung Pembangunan Asrama Haji Wisma Marwah di Makassar

Makassar (ANTARA) – Komisi VIII DPR mendukung rencana pembangunan asrama Wisma Marwah Haji Sudiang di Makassar, Sulawesi Selatan untuk mengoptimalkan fungsi pelayanan publik.

Ketua Kelompok VIII Komisi DPR Marwan Dasopang, dalam keterangannya di Makassar, Sabtu, mengatakan kunjungan dewan ke kota Makassar bertujuan untuk menjelaskan capaian UPT asrama haji selama pandemi COVID-19.

“Kunjungan ini sebenarnya masih bagian dari panja, tapi karena Komisi VIII DPR RI baru memutuskan dan mengesahkan anggaran Rp 66,45 triliun, ini pemotongan Rp. Kanwil Kemenag Sulsel agar anggarannya bisa kita gunakan sebaik mungkin,” ujarnya.

Ia berharap UPT Haji Sudiang mendapatkan fasilitas yang lebih banyak, apalagi masyarakat menginginkan wisma haji setara dengan hotel.

“Sementara ini kami sedang mencari formula (caranya, red.) agar bisa maksimal. Jika kami menjualnya ke hotel, itu akan terjual, tetapi kami ingin wisma ini tetap milik kami. Atau mungkin kita hanya perlu mengubah brand atau label dari guest house menjadi hotel haji,” ujarnya.

Kepala UPT Asrama Haji Makassar Mukh Iqbal Ismail menjelaskan, UPT Asrama Haji Makassar telah menerima anggaran SBSN selama empat tahun terakhir.

Namun, anggaran yang diterima hanya mampu menampung 1.022 jemaah.

“Kami menerima jemaah haji dari delapan provinsi, sehingga kami harus menyediakan akomodasi untuk sekitar 1.615 orang. Masih ada kekurangan 443 tempat tinggal. Kami terus mengharapkan para anggota dewan yang terhormat untuk memperjuangkan perkebunan lain. Kami membutuhkan mitra Wisma Zhafa yaitu Wisma Marwa. Untuk itu dibutuhkan anggaran sekitar Rp 35 miliar untuk menampung 160 jemaah,” ujarnya.

Selain Wisma Marwah, Iqbal Ismail juga mengusulkan pembangunan poliklinik yang dianggap mustahil oleh Komisi IX DPR yang diperkirakan menelan biaya Rp 7,5 miliar. Begitu juga dengan kantor pelayanan umrah dan haji senilai Rp 5 miliar.

Artikel sebelumyaMUI Probolingo Rilis Pengumuman OTT Pasca PDA
Artikel berikutnyaBeberapa desa di Gorontalo Utara terendam banjir.